Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kering 2023

Mahasiswa UT, Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kering – Memiliki kulit wajah kering tentu menjadi persoalan tersendiri. Finishing tidak sesuai yang di inginkan, foundation yang tidak merata dan bahkan makeup tidak tahan lama. Oleh karena itu kita memerlukan foundation atau alas bedak khusus untuk kulit muka kering.

Ciri-ciri Kulit Wajah Kering

Ciri-ciri wajah kering

Jadi kulit kering itu seperti apa sih? Sederhanyanya kulit wajah kering adalah kondisi di mana kulit terasa kering dan kasar karena kekurangan skin barrier. Skin barrier sendiri adalah istilah untuk kombinasi antara embran sebum, faktor pelembap alami atau natural moisturizing factor (NMF), ceramide, dan lain-lain yang berfungsi mencegah penguapan kandungan air dan melindungi kulit terhadap rangsangan dari luar.

Selain karena faktor usia, kulit kering terjadi karena kulit sering terpapar sinar matahari, AC, atau udara panas. Kita dapat mengatasi permasalahan kulit kering dengan rutin melakukan perawatan skincare dan memilih foundation yang dapat memberikan perlindungan ketika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tips Memilih Foundation untuk Kulit Wajah Kering

Tips Memilih Foundation untuk Kulit Wajah Kering

Karena memiliki kulit muka kering, maka kita harus lebih selektif dalam memilih foundation yang akan digunakan. Seperti seperti finish, perlindungan SPF, dan pilihan warna. Berikut, empat poin penting yang harus kita perhatikan sebelum membeli foundation untuk kulit kering.

1. Pilihlah foundation dengan hasil akhir dewy

Point terpenting ketika memilih foundation untuk kulit wajah kering adalah hasil akhir yang dewy. Kemudian pilih foundation jenis cari yang mampu menjadikan kulit wajar kering terlihat segar berkilau dan tampak lembab. Karena jika memilik foundation jenis powder akam membuat kulit semakin terlihat kering.

Nah, jika kulit wajahmu termasuk ekstra kering lebih baik lagi jika menggunakan foundation jenis krim. Karena fondation jenis krim memiliki kandungan minyak yang mampu mencegah kulit semakin kering.

Namun jangan lupa memperhatikan kondisi cuaca juga ketika memilih kedua jenis foundation ini. Gunakan foundation krim ketika cuaca dingin dan foundation cair saat cuaca panas.

2. Pastikan waktu ketahanan foundation

Karena kita menggunakan makeup dewy dengan kandungan minyak yang cukup besar sehingga cenderung makeup yang digunakan mudah luntur. Oleh karena itu pilih produk yang menjaga kondisi kulit kamu tetap lembap dan tahan hingga 12 – 24 jam.

3. Sesuaikan kandung PA dan nilai SPF sesuai aktivitas sehari-hari

Jika kamu termuasuk orang yang sering beraktifitas di luar ruangan maka pilih foundation dengan nilai SPF 30 – 50 dan kandungan PA antara +++ dan ++++. Jika kamu banyak berkatifitas di dalam ruangan, pilih foundation dengan kandungan SPF dan nilai PA yang lebih rendah.

Dengan memperhatikan kandungan PA dan nilai SPF ini akan membantu mencegah munculnya noda dan bintik hitam pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Baca juga:   Tutorial Makeup Douyin: Tren, Tips, dan Inspirasi Terbaru

4. Pilih shade sesuai undertone kulit kita

Ketahui jenis undertone kita agar dapat menentukan shade yang paling sesuai untuk foundatioan yang digunakan. Kita dapat mengetahui undertone kulit warna kita dengan cara melihat warna nadi di tangan bagian dalam kita.

  • Warm undertone: Jika nadi tampak berwarna hijau, berarti kita memiliki jenis undertone warm
  • Cool undertone: Bila nadi terlihat berwarna biru, kita memiliki jenis undertone cool
  • Netral undertone: Sementara itu, jika warna nadi terlihat seperti perpaduan antara hijau dan biru, maka jenis undertone kita adalah netral

Cara Menggunakan Foundation Bagi Kulit Kering

Cara Menggunakan Foundation Bagi Kulit Kering

Entah karena pengaruh cuaca atau memang jenis kulit yang kering pemakain founfation untuk kulit kering sedikit berbeda dengan pengaplikasian foundation pada umumnya. Selain membutuhkan foundation berjenis khusus ada beberapa pengaplikasiaan yang harus di sesuaikan.

Berikut cara menggunakan foundation bagi kulit kering:

  1. Lakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali dalam seminggu, khususnya di area yang paling rentan mengalami kekeringan seperti sekitar hidung atau di lipatan dagu.
  2. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan alas bedak.
  3. Hati-hati dengan pelembab yang dipilih. Produk berbasis petroleum akan menempel di atas kulit dan tidak bisa diserap, bisa membuat wajah tampak berminyak.
  4. Gunakan primer yang juga memiliki moisturizer di dalamnya
  5. Pakailah foundation dengan hasil akhir flawless. Sebelum menggunakannya, ambil foundation dan letakkan di punggung tangan supaya tidak over-using dan bisa menyebabkan efek kering di wajah.
  6. Jika memungkinkan pakailah bedak atau blush on dengan tekstur cream. Karena produk powder akan menyerap kelembaban, bisa membuat kulit lebih kering dari sebelumnya. Kamu memulai aktivitasmu dengan base yang ringan ini atau melanjutkannya ke makeup yang lebih complex.

Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Kering

Foundation untuk kulit kering tentu dibuat khusus bagi mereka yang masalah kulit kering. Karena mereka membutuhkan riasan make up yang ramah di kulit, sehingga tidak membuat kulit semakin kering atau mengalami iritasi.

Berikut 10 foundation terbaik untuk kulit kering yang bisa kami rekomendasikan.

SOMETHINC – Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

alas bedak yang cocok untuk kulit kering

Jika kamu membutuhkan foundation yang mendukung aktivitas di luar ruangan, produk ini adalah jawabannya. SOMETHINC Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation memiliki formula sweatproof. Selain itu, foundation ini memiliki formula water resistant sehingga dapat digunakan dengan nyaman, tanpa khawatir luntur.

Rekomendasi yang satu ini merupakan foundation full coverage untuk kulit kering. Dengan satin finish, kulit kamu akan terlihat lebih lembap dan bercahaya.

Kelebihan: Memiliki varian shade yang cukup banyak

Kekurangan: Perlu dikocok sebelum digunakan

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Luxcrime – Ultra Cover Foundation Balm

alas bedak yang cocok untuk kulit kering

Pengaplikasian foundation pada kulit kadang menjadi tantangan tersendiri. Jika kamu sering mengalami kesulitan dalam pengaplikasian produk foundation, kamu akan menyukai produk yang satu ini.

Luxcrime Ultra Cover Foundation Balm memiliki tekstur seperti mentega yang lembut dan meluncur pada kulit saat digunakan. Foundation ini memiliki tingkat coverage atau daya tutup yang tinggi sehingga dapat menyamarkan kemerahan dan noda bekas jerawat dengan baik.

Kelebihan: Bentuk balm cocok untuk kulit yang sangat kering
Kekurangan: Produk kurang higienis jika tanpa aplikator tambahan

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Y.O.U – NoutriWear+ Velvet Liquid Foundation

foundation yang bagus untuk kulit kering

Kulit kering identik dengan penggunaan foundation dengan finish yang dewy. Namun, jika kamu ingin mencoba hasil yang sedikit berbeda, pertimbangkanlah produk ini.

Y.O.U NoutriWear+ Velvet Liquid Foundation dapat memberikan hasil velvet matte yaitu tampilan matte, tetapi tetap melembapkan. Ketahanan dari foundation ringan untuk kulit kering ini juga diklaim bisa bertahan hingga 24 jam, lho!

Baca juga:   Tips Make up untuk Kulit Berminyak yang Tahan Lama Seharian

Kelebihan: Ketahanan produk yang cukup lama
Kekurangan: Coverage hanya di level medium

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Luxcrime – 2nd Skin Luminous Cushion

foundation yang bagus untuk kulit kering

Cushion ini bisa menjadi pilihan jika kamu menyukai hasil makeup yang natural. Cushion ini akan memberikan kamu tampilan kulit sehat dan glowing. Selain dapat menghidrasi kulit, Luxcrime 2nd Skin Luminous Cushion dapat melindungi kulit dari sinar matahari karena mengandung SPF 25. Cushion yang satu ini juga tersedia dalam lima pilihan shade. Vanilla dan honey untuk kulit putih hingga kuning langsat. Cashew dan chesnut untuk kulit sawo matang, serta toffee untuk kulit coklat.

Kelebihan: Bentuk cushion mudah diaplikasikan
Kekurangan: Menurut beberapa review, puff cushion tipis dan kaku

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Wardah – Luminous Liquid Foundation

foundation wardah untuk kulit kering

Jika saat ini budget makeup kamu terbatas, Wardah Luminous Liquid Foundation ini bisa menjadi solusinya. Foundation lokal untuk kulit kering ini memiliki kemasan yang sederhana, produk jadi mudah dikeluarkan dari botolnya.

Meski tergolong ke dalam foundation untuk kulit kering yang murah, hasil dari foundation ini cukup baik. Foundation ini mampu memberikan hasil matte yang juga memberikan kelembapan pada kulit. kamu dapat meratakan tampilan warna kulit dengan foundation dengan coverage yang sheer ini. Untuk tampilan lebih maksimal, kamu dapat mengaplikasikan ulang produk karena foundation ini bersifat buildable.

Kelebihan: Kemasan squeeze yang simpel
Kekurangan: Pilihan warna kurang beragam

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Emina – Bare with me Mineral Cushion

foundation yang cocok untuk kulit kering

Produk-produk Emina menjadi favorit bagi pemula dalam penggunaan makeup. Jika kamu baru belajar menggunakan makeup, cushion ini akan cocok untuk kamu. Produk ini memiliki coverage medium yang buildable atau dapat digunakan berulang hingga menghasilkan coverage yang full.

Emina Bare with me Mineral Cushion juga merupakan foundation untuk kulit kering dan kusam. Hasil dari penggunaan foundation ini adalah dewy-matte yang membuat wajah lebih cerah.

Kelebihan: Bentuk cushion mudah diaplikasikan
Kekurangan: Pilihan warna kurang bervariasi

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

LT PRO – Smooth Corrector Cream Foundation

rekomendasi foundation untuk kulit kering

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, produk ini akan cocok dengan kamu. Foundation ini merupakan foundation yang bagus untuk kulit kering karena memiliki tekstur cream. Dengan tekstur ini, foundation akan nyaman saat diaplikasikan pada kulit.

Tak hanya dari segi tekstur, foundation ini juga memiliki kandungan vitamin E dan squalane yang dapat membantu melembapkan kulit kamu. Dengan foundation ini, tampilan kulit kamu akan terlihat halus dan ternutrisi.

Kelebihan: Memiliki kandungan melembapkan seperti vitamin E dan squalane

Kekurangan: Pilihan warna terbatas. tidak memiliki perlindungan SPF

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Make Over – Hydrastay Glow Fluid Foundation

foundation kulit kering

Apakah kamu mencari foundation yang cocok digunakan dalam berbagai kebutuhan? Mungkin kamu perlu mempertimbangkan produk Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation. Foundation ini memiliki coverage yang sheer, tetapi bersifat bulidable. kamu dapat menambahkan beberapa layer untuk mendapatkan hasil full coverage.

Tak perlu khawatir mengenai teksturnya. Dengan Water Burst Technology, foundation ini tetap ringan meski diaplikasikan beberapa layer.

Kelebihan: Memiliki pilihan warna yang cukup beragam
Kekurangan: Coverage cukup sheer atau tipis

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

PIXY – Stay Last Serum Foundation

foundation kulit kering

Apakah kamu ingin merasakan tekstur foundation seringan serum? Pixy Stay Last Serum Foundation adalah jawabannya! Produk yang satu ini merupakan foundation Pixy untuk kulit kering.
Meski memiliki tekstur yang ringan, foundation ini mempunyai ketahanan hingga dua belas jam. Tingkat ketahanan dan tekstur yang ringan membuat foundation ini cocok untuk digunakan sehari-hari. Terdapat lima varian warna yang cocok untuk warna kulit orang Indonesia dengan berbagai undertone.

Kelebihan: Travel friendly
Kekurangan: Aplikator berbentuk pipet, beberapa orang lebih menyukai bukaan produk berbentuk pump

Link: Shopee – Lazada – Tokopedia

 

Kesimpulan

Setiap wajah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu mulai perhatikan dan ketahui apa saja make up yang dapat kamu gunakan agar riasan make up mu selalu terlihat cantik dan tahan lama.

Semoga kamu menemukan foundation terbaik untuk kulit kering untuk wajahmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *