Contoh Karya Ilmiah UT Jurusan Ilmu Administrasi Negara 2

Mahasiswa UT, Contoh Karil UT Jurusan Ilmu Hukum – Membuat Karil atau karya ilmiah bagi mahasiswa adalah salah satu bentuk dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah agar mahasiswa dapat memberikan dan menyebarluaskan gagasannya kepada masyarakat luas.

Khusus bagi mahasiswa Universitas Terbuka, membuat Karil adalah salah satu syarat kelulusan selain mengikuti TAP, karena di perkuliahan UT tidak mengenal skripsi.

Khusus bagi mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara, berikut contoh karil Ilmu Administrasi Negara yang dapat menjadi gambaran bagaimana membuat karil yang baik, semoga membantu.

***

ABSTRAK

MANAGEMEN PROYEK PENERTIBAN NIK (NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN) TARIF LISTRIK BERSUBSIDI DI PT PLN (PERSERO) ULP SUMENEP MENGGUNAKAN DTKS KEMENSOS

Oleh:
Nama : Diana Lestari
NIM : 022354023

Bagi masyarakat, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, dimulai bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah maupun berpenghasilan tinggi. Sehingga masyarakat yang ingin menikmati listrik maka harus bermohon untuk melakukan penyambungan baru. Adanya kesempatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi untuk menikmati listrik adalah dengan pemberian listrik subsidi dimana masyarakat melaporkan diri melalui kecamatan sehingga dapat diberikan arahan untuk mendaftar diri sebagai calon program penerima subsidi listrik tersebut. Namun, dengan adanya hal tersebut terkadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara masyarakat yang tidak berhak mendapatkan subsidi listrik. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis bertujuan untuk mengobservasi langkah perbaikan terhadap penyalahgunaan NIK yang tidak tepat sasaran yang terjadi di Sumenep.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dimana penelitian deskriptif merupakan studi untuk menemukan fakta dengan interpretasi yang tepat. Beberapa data akan dijawab melalui angka dan tabel yang terinci di bab hasil dan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa setiap bulan pelanggan yang memiliki NIK yang tidak sesuai memiliki angka yang bervariasi mulai dari 0-11. Angka yang paling menonjol terdapat pada bulan maret 2019. Sedangkan langkah perbaikan yang ditempuh adalah dengan mengoreksi tarif rekening.

Kata Kunci : penertiban, NIK, BDT.

Baca juga:   Cara Menggunakan Mendeley untuk Penyusunan Daftar Pustaka dan Footnote Karil.

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

PT PLN merupakan perusahaan milik negara yang menghasilkan produk listrik tetapi juga memberikan jasa untuk masyarakat, yaitu Penyambungan Baru, Perubahan Daya, dan Penerangan Sementara yang merupakan bagian dari bidang pelayanan pelanggan. Bagi masyarakat, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, dimulai bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah maupun berpenghasilan tinggi. Sehingga masyarakat yang ingin menikmati listrik maka harus bermohon untuk melakukan penyambungan baru. Adanya kesempatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi untuk menikmati listrik adalah dengan pemberian listrik subsidi dimana masyarakat melaporkan diri melalui kecamatan sehingga dapat diberikan arahan untuk mendaftar diri sebagai calon program penerima subsidi listrik tersebut. Namun, dengan adanya hal tersebut terkadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara masyarakat yang tidak berhak mendapatkan subsidi listrik mendaftarkan penyambungan baru denan menggunakan NIK orang lain yang sudah mendapatkan subsidi listrik. Hal tersebut tentu akan merugikan masyarakat dan PT PLN. Merugikan masyarakat karena masyarakat dengan NIK bersubsidi tidak mendapatkan haknya untuk menikmati listrik dengan harga murah. erugikan PT PLN karena dapat menurunkan rupiah jual, sehingga diperlukan adanya Penertiban NIK bersubsidi.

***

Selengkapnya dapat di akses di: “MANAGEMEN PROYEK PENERTIBAN NIK (NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN) TARIF LISTRIK BERSUBSIDI DI PT PLN (PERSERO) ULP SUMENEP MENGGUNAKAN DTKS KEMENSOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *