Citra Televisi Terkait dengan Visi dan Misi dari Stasiun TV itu Sendiri

Mahasiswa UT, Citra Televisi Terkait dengan Visi dan Misi dari Stasiun TV itu Sendiri – Tulisan ini adalah materi belajar yang di berikan pada kegiatan Tuton UT pada mata kuliah Manajemen Penyiaran Televisi.

***

Saudara mahasiswa, tentunya Anda paham bahwa Rangkaian program yang disiarkan layar TV manapun akan sangat menentukan citra televisi tersebut di mata pemirsanya. Untuk itu para pengelola stasiun TV harus hati-hati dalam menentukan rangkaian program sesuai dengan visi, misi, dan slogan yang sesuai stasiun TV. Tantangannya, kesesuaian itu juga perlu diseimbangkan dengan kebutuhan penayangan program yang populer untuk mendapatkan rating yang tinggi agar dapat menarik pengiklan.

Membangun citra stasiun TV melalui program-program yang ditampilkan itu tidak lepas dari visi pengelola stasiun TV terhadap stasiun TVnya. Visi merupakan harapan atau keinginan pengelola TV akan citra stasiun TVnya di masa depan. Ada 5 syarat yang harus dipenuhi oleh rumusan sebuah visi yang baik, yakni menantang, inspiratif, menjadi milik bersama, mengikat, dan memberi arah.

Mengukur Populeritas Program Televisi

Bagaimana mengukur pupuleritas sebuah program? Ada dua hal yang menjadi tolok ukur popularitas sebuah program, yaitu rating dan share. Rating ditentukan berdasarkan jumlah pemirsa yang menonton suatu program dibandingkan dengan total pemirsa potensial pada waktu yang sama. Sementara itu, share ditentukan berdasarkan jumlah pemirsa yang menonton sebuah acara dibandingkan dengan jumlah keseluruhan pemirsa TV pada kurun waktu yang sama.

Agar sebuah acara ditonton orang, programmer TV harus mengetahui syarat-syarat sebuah program yang menarik, seperti konkrit, otentik, kaya sudut pandang, membangkitkan keingintahuan, berempati, dan kontekstual. Disamping itu, ia juga harus bekerja dengan memperhatikan elemen-elemen perencanaan sebuah program, yaitu kesesuaian penjadwalannya dengan kebiasaan orang sehari-hari (compatibility), kemampuan daya tariknya membentuk kebiasaan menonton orang (habit formation), kemampuannya menyedot pemirsa acara lain (control of audience flow), ketersediaan program, dan keluasan daya tarik (breadth of appeal).

Saudara mahasiswa, Rating acara sebuah stasiun televisi pada dasarnya dapat ditingkatkan dengan beberapa cara.

  • Pertama, dengan menyesuaikan bentuk dan isi program dengan kebutuhan dan keinginan penonton;
  • kedua, mengganti sosok yang ditampilkan ke hadapan pemirsa;
  • ketiga, dengan memanfaatkan peluang untuk mencoba hal yang baru;
  • keempat, dengan memindahkan jam tayang supaya lebih sesuai dengan kelompok demografis pemirsa yang menjadi target utama,
  • kelima, dengan mengubah cara mempromosikan program.
Baca juga:   Pengaruh Internet Terhadap Dunia Jurnalistik dan Aplikasi Bisnis

Bila kelima cara tersebut belum menghasilkan peningkatan rating yang signifikan, seorang programmer dapat menggunakan cara keenam, yaitu menyewa konsultan penyiaran untuk memberi masukan dan rekomendasi dari perspektif yang objektif dan netral.

Beberapa kiat lain yang perlu Anda ketahui agar digunakan oleh para pengelola TV di Indonesia, diantaranya memunculkan tokoh/tamu rahasia, menampilkan tokoh antagonis/sinis, memasukkan unsur drama, membumbui dengan lawakan/komedi/lelucon, menampilkan karakter yang tidak lazim, mengetengahkan skandal, perselingkuhan, perkelahian.

Strategi Perencanaan Program Televisi

Anda ingin menjadi seorang TV programmer? Bila ya, Pengetahuan tentang strategi perencanaan program untuk meningkatkan rating ini mutlak harus Anda kuasai. Namun teori bukan segalanya. Kadang-kadang diperlukan ketajaman intuisi untuk mambaca situasi dan membuat keputusan yang tepat dan strategis.

Read more... / Baca selengkapnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *