Cara Pasang Water Heater Gas

Mahasiswa UT, Cara Pasang Water Heater Gas – Water heater gas adalah sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk memanaskan air dengan menggunakan gas sebagai sumbernya. Water heater gas biasanya terdiri dari sebuah tabung atau tangki yang terisi air, sebuah burner (alat pembakar) yang terpasang di bawah tangki, serta sebuah kontrol suhu yang berfungsi untuk mengatur suhu air sesuai kebutuhan.

Water heater gas sering digunakan di rumah-rumah atau bangunan-bangunan yang tidak memiliki akses listrik yang cukup atau tidak memiliki sambungan pipa air panas, atau juga sebagai alternatif untuk mengurangi biaya listrik. Water heater gas biasanya terdapat dalam dua jenis, yaitu water heater gas tangki terbuka (tanpa tangki tertutup) dan water heater gas tangki tertutup (dengan tangki tertutup).

Fungsi Water Heater

Fungsi utama dari water heater adalah untuk memanaskan air sesuai dengan kebutuhan. Water heater bisa digunakan untuk memanaskan air yang akan digunakan untuk mandi, cuci tangan, atau membersihkan peralatan rumah tangga. Water heater juga bisa digunakan untuk memanaskan air yang akan digunakan dalam proses industri, seperti pada pabrik tekstil atau pabrik makanan.

Selain fungsi utamanya, water heater juga memiliki beberapa fungsi tambahan, seperti:

  1. Mencegah kerusakan pada pipa air: Water heater bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan pada pipa air akibat air yang terlalu dingin yang mengalir di dalamnya.
  2. Menghilangkan bau tidak sedap: Water heater bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada air yang dipakai, karena air yang dipanaskan akan terbebas dari bakteri atau kuman yang ada di dalamnya.

Cara Kerja Water Heater Gas

Cara kerja water heater gas adalah sebagai berikut:

  1. Gas yang disuplai dari pipa gas masuk ke dalam water heater gas melalui selang gas.
  2. Burner (alat pembakar) di dalam water heater gas menyalakan gas yang masuk.
  3. Panas yang dihasilkan dari pembakaran gas tersebut ditransfer ke air yang ada di dalam tangki water heater gas.
  4. Kontrol suhu pada water heater gas mengatur suhu air sesuai dengan kebutuhan.
  5. Ketika air sudah mencapai suhu yang diinginkan, maka water heater gas akan mematikan burner untuk menghemat gas.
  6. Air yang telah dipanaskan dapat digunakan sesuai kebutuhan, seperti untuk mandi, cuci tangan, atau membersihkan peralatan rumah tangga.
Baca juga:   Cara Membersihkan Kompor Listrik, Yuk Simak Ulasannya

Cara Pasang Water Heater Gas

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dalam memasang water heater gas:

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses pemasangan, termasuk pipa gas, regulator gas, konektor gas, selang gas, serta water heater gas yang akan dipasang.
  2. Pastikan gas yang akan digunakan telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen water heater.
  3. Selanjutnya, letakkan water heater gas pada tempat yang telah Anda tentukan. Pastikan bahwa perangkat tersebut tidak terhalang oleh apapun dan mudah diakses untuk keperluan pemeliharaan atau perbaikan.
  4. Pasang regulator gas sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen.
  5. Hubungkan selang gas ke water heater menggunakan fitting yang disediakan. Pastikan koneksi tersebut kencang dan tidak bocor.
  6. Hubungkan selang air ke water heater menggunakan fitting yang disediakan. Pastikan koneksi tersebut juga kencang dan tidak bocor.
  7. Pasang water heater pada tempat yang telah ditentukan sesuai dengan petunjuk produsen. Pastikan water heater terpasang dengan kokoh dan tidak mudah terjatuh.
  8. Buka kran air dan tunggu hingga air mengalir dengan lancar.
  9. Nyalakan water heater menggunakan saklar yang disediakan. Tunggu hingga water heater mengeluarkan panas dan air menjadi hangat.
  10. Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan suhu air sesuai dengan keinginan dengan menggunakan termostat yang disediakan.
  11. Jangan lupa untuk mematikan water heater saat tidak digunakan agar tidak terjadi kebocoran gas atau kecelakaan lainnya.

Sebagai tambahan, sebaiknya Anda juga membaca petunjuk pemasangan yang disertakan oleh produsen water heater dan meminta bantuan profesional seperti jasa service wjika tidak yakin tentang proses pemasangan.

Tips membeli water heater

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat membeli water heater:

Baca juga:   MENDIDIK ITU MELATIH, BUKAN MELARANG

Tentukan kebutuhan air panas Anda

Sebelum membeli water heater, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan air panas Anda. Berapa banyak air yang akan Anda gunakan setiap hari? Berapa jumlah orang yang akan menggunakan air panas tersebut? Berapa banyak lokasi yang akan menggunakan air panas tersebut? Hal ini akan membantu Anda menentukan ukuran water heater yang tepat.

Pilih tipe water heater yang sesuai

Ada beberapa tipe water heater yang tersedia di pasaran, seperti water heater gas, water heater listrik, water heater solar, dan lain-lain. Pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah Anda.

Bandingkan harga

Bandingkan harga water heater di beberapa toko atau situs e-commerce yang menjual perangkat tersebut. Carilah yang menawarkan harga terbaik sesuai dengan budget Anda.

Cari tahu tentang keandalan merk

Jangan hanya terpaku pada harga saja, tetapi juga pertimbangkan keandalan merk water heater yang akan Anda beli. Biasanya merk-merk yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik akan lebih aman dan terpercaya.

Pahami garansi dan jaminan

Pastikan Anda memahami garansi dan jaminan yang ditawarkan oleh penjual water heater. Apakah garansi tersebut cukup lama dan apakah jaminan tersebut mencakup semua kemungkinan kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat tersebut?

Cari tahu tentang biaya perawatan

Jangan lupa untuk mengetahui biaya perawatan yang dibutuhkan untuk water heater yang akan Anda beli. Apakah perawatan tersebut mudah dan tidak terlalu mahal, atau justru sebaliknya?

Baca ulasan dan review

Sebelum memutuskan untuk membeli water heater, baca ulasan dan review yang diberikan oleh orang-orang yang sudah menggunakan perangkat tersebut. Ini akan membantu Anda memperoleh gambaran tentang kelebihan dan kekurangan water heater yang akan Anda beli.

***

Semoga tutorial dan tips yang ada di artikel ini dapat bermanfaat. Jangan ragu memanggil jasa service atau pemasangan water heater bila anda merasa tutorial cara memasang water heater gas disini berbeda dengan water heater yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *