Cara Parafrase Karil dan Tesis Universitas Terbuka

Mahasiswa UT, Cara Parafrase Karil dan Tesis Universitas Terbuka – Dalam dunia pendidikan termasuk Universitas Terbuka, plagiarisme adalah pelanggaran kode etik pendidikan.

Agar terhindar dari tindak plagiarisme, selain memahami panduan penulisan karil dan panduan penulisan tesis yang disediakan. Kita juga harus fasih dalam melakukan parafrase.

Mengenal Parafrase dan Contohnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), parafrase adalah penguraian atau pengungkapan kembali suatu teks atau karangan dalam bentuk susunan kata lain dengan maksud menjelaskan makna yang tersembunyi.

Mengutip buku Suyono dkk (2015); Cerdas Menulis Karya Ilmiah, parafrase adalah penguraian kembali informasi secara lebih spesifik tanpa mengubah substansi dari informasi tersebut.

Mengapa parafrase penting?

Parafrase pada awalnya digunakan untuk menerjemahkan informasi yang ditulis dalam istilah-istilah teknis atau ilmiah yang sulit dipahami agar mudah dipahami khalayak umum. Biasakan saat menulis, kita memposisikan diri sebagai pembaca.

Dikutip dari laman Karolinska Institutet, parafrase penting karena membantu memahami materi. Kedua, parafrase memberitahu pembaca bahwa Anda telah memproses informasi dan memahaminya.

Ketiga, dengan parafrase kita memastikan bahwa teks sesuai dengan tema yang ditulis. Jika hanya menyalin paragraf dari buku, bisa jadi ada pembahasan yang sebenarnya kurang relevan dengan tulisan yang sedang kita buat.

Melakukan parafrase membutuhkan pendalaman materi. Karena parafase bukan sekadar menyalin teks.

 

Contoh Parafrase

Paragraf asli

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memanfaatkan Sumber Belajar di Internet Melalui Sosialisasi Edukasi Internet Cerdas, Sehat, dan Aman dianggap telah mencapai sasaran, karena 35% dan 60% peserta menyatakan setuju dan sangat setuju secara berturut-turut bahwa sosialisasi ini bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran sehari-hari (Zonyfar, Sihabudin; and Khusaeri, 2019)

Baca juga:   Magang Mahasiswa UT (Universitas Terbuka) Program Merdeka Belajar

Parafrase

Mayoritas responden yang menjadi audiens dalam penyuluhan bertajuk edukasi internet cerdas, sehat dan aman sepakat hasil penyuluhan memiliki dampak positif bagi rutinitas belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dengan persentase setuju sebesar 35% dan sangat setuju sebesar 60% sehingga kegiatan tersebut dianggap telah mencapai sasaran. (Zonyfar, Sihabudin, and Khusaeri, 2019)

 

Cek Turnitin Karil

 

Cara mudah parafrase kalimat

Dikutip dari Buku Ajar Metodologi Penelitian Sosial karya Muhammad Alif Sahide (2019), terdapat tiga cara membuat kalimat parafrase, yaitu:

1. Menulis Gagasan dengan Ringkas

Baca keselurahan teks. Kemudian, tulis ringkasan dari gagasan ditangkap secara dari bacaan tersebut.

 

2. Membaca Literatur

Kita dapat menulis secara bebas sesuai dengan kerangka dan alur yang telah direncanakan sebelumnya. Kosongkan kutipan pustaka pada setiap kalimat. Bacalah literatur, jika terdapat kesamaan ide pada literatur tersebut, maka isilah kekosongan kutipan tersebut dengan pustaka yang dibaca.

 

3. Mengombinasikan cara 1 dan 2

Buatlah karangan terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf berisi kalimat utama dilanjutkan dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas ini berupa uraian penting atau perincian dari kalimat utama. Seperti contoh, ilustrasi, dan perumpamaan-perumpamaan. Pahami mana bagian yang berisi hal-hal pokok dan mana yang bukan.

 

Cara Memparafrase Karya Ilmiah (Karil) dan Tesis

Bagi mahasiswa Universitas Terbuka membuat Karil adalah kewajiban. Karena tidak membuat skripsi, mahasiswa wajib mengikuti TAP dan membuat Karya ilmiah atau karil sebagai gantinya. Sementara tesis adalah tugas wajib bagi mahasiswa Universitas Terbuka jenjang S2.

Melansir laman La Trobe University, cara parafrase yang baik dan benar adalah:

  1. Baca teks dengan cermat.
  2. Jika ada kata atau istilah yang tidak kita pahami, cari di kamus.
  3. Baca kembali teks dengan cepat. Perhatikan kalimat pertama dalam paragraf (biasanya kalimat utama paragraf) dan kata kunci.
  4. Rangkum apa yang sudah kita pahami. Gunakan kata-kata sederhana dan kita pahami, jangan menggunakan bahasa akademis yang rumit.
  5. Periksa kembali teks asli untuk memastikan kita telah memasukkan poin-poin utama. Tambahkan tanda kutip jika menggunakan istilah tertentu yang tidak dapat diparafrasekan.
  6. Catat semua detail sumber dan penulis sebagai referensi.
Baca juga:   Info SNMPTN UT: Siapkan Beasiswa 2 Miliar Rupiah

Cara Mengutip Hasil Parafrase

Setelah kita terbiasa melakukan parafrase, kita harus menyapaikan penghargaan terhadap penulis aslinya. Apa pun gaya kutipan yang kita gunakan, kita harus selalu memparafrasekannya dengan cara yang sama. Perbedaanya adalah kutipan dalam teks.

    • Format APA (Roose & Kang, 2018, para. 11)
    • Format MLA (Roose dan Kang)
    • Chicago Notes and Bibliography 1. Kevin Roose dan Cecilia Kang, “Mark Zuckerberg Bersaksi di Facebook di depan Skeptical Lawmakers,” The New York Times, 10 April 2018, HTTPS: //www.nytimes.com / 2018/04/10 / us / politic / Zuckerberg -facebook -senate-hearing.html

 

Yang harus diperhatikan ketika melakukan parafrase karil dan tesis. Cara parafrase yang baik dan benar adalah parafrase tidak merubah informasi yang terdapat dalam teks asli. Kita juga harus mengingat tidak ada istilah cara cepat parafrase. Parafrase harus dilakukan dengan seksama agar maksud dan tujuan pengarang tersampaikan.

 

Jasa Parafrase Khairpedia

Saat melakukan parafrase, kita harus berhati-hati untuk menghindari plagiarisme yang tidak disengaja. Ini bisa terjadi jika parafrase terlalu mirip dengan kutipan aslinya, dengan frasa atau seluruh kalimat yang identik (dan karena itu harus dalam tanda kutip). Itu juga bisa terjadi jika Anda selah mengutip sumber parafrase dengan teknik citation yang benar.

Salah satu cara mengubah parafrase agar tidak plagiat adalah menggunakan jasa parafrase terpercaya dari Khairpedia. Selain jasa parafrase, Khairpedia juga menyediakan jasa cek turnitin, juga jasa translate serta proofreading dan jasa mendeley Jurnal Scopus.

Bila anda tertarik menggunakan Jasa Khairpedia silahkan kontak melalui nomer WhatsApp di 0821-3608-1847

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *