8 Langkah Mudah Cara Pakai Concealer yang Benar

Mahasiswa UT, Terlihat segar dan tanpa cela bukan lagi hanya impian. Terkadang, kekurangan pada kulit dapat menjadi hambatan dalam mencapai tampilan yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, karena solusinya ada dalam cara pakai concealer yang benar. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah kulit dan tampil lebih percaya diri.

Apa itu Concealer?

Concealer adalah salah satu produk makeup yang wajib ada di dalam tas kosmetik Anda. Tak hanya bisa diandalkan untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, concealer juga punya banyak fungsi lainnya. Seperti arti dari namanya, fungsi concealer adalah untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan di kulit wajah, baik itu lingkaran hitam, noda, bekas luka, atau sekadar membuat warna kulit terlihat lebih rata.

Jenis-jenis Concealer

Di luar sana, ada beberapa jenis concealer yang bisa Anda temukan. Berikut penjelasan jenis-jenis concealer tersebut beserta manfaatnya.

a. Liquid concealer

Concealer ini merupakan jenis concealer paling umum. Liquid concealer cocok untukdigunakan di bagian bawah mata dan menutupi noda kemerahan untuk berbagai jenis kulit. Anda bisa memilih liquid concealer yang sesuai jenis kulit dengan hasil akhir yang berbeda-beda, seperti dewy (untuk kulit kering), matte (untuk kulit berminyak), dan satin (untuk kulit normal dan kombinasi). Sebaiknya gunakan liquid concealer sesuai jenis kulit agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

Karena concealer jenis cair umumnya buildable, maka liquid concealer bisa digunakan beberapa lapis untuk menutup noda membandel agar wajah terlihat flawless. Liquid concealer juga bisa digunakan di atas foundation karena teksturnya lebih ringan sehingga lebih mudah dibaurkan dan tidak cakey.

b. Cream concealer

Dibandingkan dengan liquid concealer, concealer berbentuk krim memiliki tekstur yang lebih pekat dan memberikan coverage yang lebih tinggi. Jenis concealer ini banyak digunakan oleh pemilik kulit wajah kering karena teksturnya yang creamy. Cream concealer bisa Anda temui dalam kemasan jar, pot, dan palet, serta bisa diaplikasikan menggunakan jari tangan langsung ataupun brush dan spons, sebelum atau sesudah penggunaan foundation sesuai kebutuhan Anda.

c. Stick concealer

Sesuai dengan namanya, concealer satu ini dikemas dalam bentuk stik. Tekturnya lebih padat dan creamy dibanding concealer lainnya dengan coverage yang lebih tinggi. Fungsi concealer ini selain untuk menutup noda juga bisa dijadikan sebagai krim contouring karena konsistensinya yang pekat dan memberi warna yang nyata. Jenis concealer ini bisa diaplikasikan sebelum atau sesudah penggunaan foundation sesuai dengan kebutuhan Anda.

d. Color corrector

Jenis dan fungsi concealer yang satu ini agak berbeda dari concealer lainnya. Jika concealer lain memiliki warna yang mendekati warna kulit, maka color corrector memiliki beberapa warna, umumnya adalah ungu, kuning, dan hijau. Fungsi dari setiap warnanya pun berbeda-beda. Warna hijau biasa digunakan untuk menetralkan kemerahan di kulit, warna kuning untuk menyamarkan noda kehitaman, sementara warna ungu untuk mencerahkan. Aplikasi color corrector biasanya dilakukan sebelum menggunakan foundation yang kemudian ditutupi lagi menggunakan concealer.

Cara Pakai Concealer yang Benar

Berikut ini adalah panduan praktis tentang Cara Pakai Concealer yang Benar untuk mencapai penampilan yang sempurna:

  1. Pilihlah Warna yang Tepat: Pastikan concealer Anda cocok dengan warna kulit Anda. Pilihlah warna yang hanya satu atau dua nuansa lebih terang dari warna kulit Anda untuk menyamarkan noda dengan efektif.
  2. Persiapkan Kulit dengan Baik: Sebelum mengaplikasikan concealer, pastikan kulit Anda sudah bersih dan lembap. Gunakan pelembap ringan dan biarkan meresap selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan concealer.
  3. Gunakan Teknik Titik-Titik: Daripada mengoleskan concealer dalam garis panjang di bawah mata atau di atas noda, gunakan teknik titik-titik untuk menyamarkan dengan lebih presisi. Titik-titikkan concealer di area yang ingin disamarkan dan kemudian tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan ujung jari atau kuas concealer.
  4. Tepuk-Tepuk dengan Lembut: Saat menepuk concealer ke kulit, pastikan untuk melakukan gerakan yang lembut dan ringan. Hindari menggosok-gosok area tersebut, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu tampilan concealer.
  5. Set dengan Bedak: Agar concealer tetap bertahan sepanjang hari, setelah mengaplikasikan concealer, taburkan sedikit bedak transparan di atasnya. Ini akan membantu mengunci concealer dan mencegahnya dari creasing atau bergerak sepanjang hari.
  6. Jangan Overload: Penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak concealer. Gunakan sedikit demi sedikit dan tambahkan lebih banyak hanya jika diperlukan. Overloading concealer dapat membuat tampilan terlihat tebal dan tidak alami.
  7. Gunakan untuk Highlight: Selain menyembunyikan noda, concealer juga dapat digunakan untuk meng-highlight area tertentu pada wajah. Aplikasikan concealer di tulang pipi, tulang alis, dan bagian tengah dahi untuk memberikan efek mencerahkan dan membuat wajah terlihat lebih segar.
  8. Cek Pencahayaan: Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk memeriksa penampilan Anda di bawah berbagai pencahayaan. Terkadang concealer dapat terlihat berbeda di bawah cahaya alami dan buatan, jadi pastikan Anda puas dengan hasilnya di semua situasi pencahayaan.
Baca juga:   Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Rekomendasi Concealer untuk berbagai masalah kulit

Berikut rekomendasi cocealer yang dapat kamu pilih untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit yang berbeda, seperti kulit berminyak dan berjerawat.

10 Concealer untuk menutupi jerawat

Karena concealer dijadikan sebagai cara menutupi bekas jerawat, jadi sangat penting untuk memilih produk yang warnanya sesuai dengan warna kulit. Perhatikan juga teksturnya. Pilih concealer yang memiliki tekstur kental untuk mendapatkan coverage tinggi yang sempurna.

Maybelline Fit Me Concealer

Jika Anda sedang mencari concealer yang terjangkau di drugstore, Anda bisa mencoba Maybelline Fit Me Concealer yang menawarkan kualitas yang baik. Concealer dari Maybelline ini telah diuji keamanannya untuk kulit sensitif. Formula concealer ini dirancang agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

L.A Girl Pro Conceal HD

Dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya, concealer dari L.A. Girl ini cukup terjangkau. Concealer ini efektif dalam menyamarkan kekurangan pada wajah. Banyak beauty influencer yang menggunakan concealer ini. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan untuk keperluan kontur karena tersedia beberapa shade yang cocok untuk shading.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Wardah Double Function Kit

Tidak hanya merek luar, Wardah sebagai merek kosmetik lokal juga menawarkan concealer berkualitas. Wardah Double Function Kit hadir dalam kemasan praktis yang mengandung tiga pilihan warna untuk menutupi bekas jerawat, memberikan highlight, dan melakukan kontur wajah. Teksturnya creamy dan mudah dibaurkan, bahkan hanya dengan menggunakan jari. Trio warna ini memudahkan Anda menemukan yang sesuai dengan warna kulit.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Catrice Cream Concealer

Catrice Cream Concealer merupakan pilihan favorit para penggemar kecantikan di Indonesia untuk menyamarkan jerawat, kantong mata, serta garis halus. Selain teksturnya yang creamy, tingkat coveragenya yang tinggi membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk menutupi jerawat. Ini adalah concealer dengan harga terjangkau yang juga mampu memberikan hasil yang memuaskan.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

NARS Radiant Creamy Concealer

NARS Radiant Creamy Concealer memiliki coverage tinggi yang dapat menyamarkan masalah pada wajah, seperti jerawat. Formula concealer ini diperkaya dengan manfaat perawatan kulit yang membantu menghidrasi kulit. Teknologi Light Diffusing dalam concealer ini memberikan hasil yang halus dan lembut. Produk ini tahan lama, anti luntur, dan tidak mengandung paraben serta alkohol.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Tarte Shape Tape Concealer

Untuk menghindari masalah crack pada concealer, Tarte Shape Tape adalah pilihan yang tepat. Concealer ini memiliki coverage tinggi sehingga cukup digunakan sedikit untuk menutupi noda gelap atau jerawat dengan baik.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Clinique Beyond Perfecting Concealer Foundation

Clinique Beyond Perfecting Concealer Foundation dapat digunakan sebagai concealer maupun foundation. Produk ini hadir dengan kemasan yang kokoh dan aplikator yang besar untuk penggunaan yang mudah. Teksturnya ringan dan mudah dibaurkan, memberikan coverage tinggi yang natural.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Urban Decay Naked Skin Weightless Concealer

Urban Decay Naked Skin Weightless Concealer cocok bagi Anda yang menginginkan formula ringan di kulit. Meskipun coverage-nya penuh, concealer ini tetap terasa ringan dan menyatu dengan kulit. Formula tahan lama menjadikannya pilihan yang baik untuk digunakan sepanjang hari.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Somethinc Wake Me Up HD Blur Coverage Concealer

Somethinc Wake Me Up HD Blur Coverage Concealer hadir dengan formula ringan yang tidak membuat crease atau crack. Hasilnya memberikan tampilan satin yang tidak terlalu dewy atau matte. Formula waterproof dan tahan lama menjadikannya cocok untuk semua jenis kulit.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Emina Squeeze Me Up Liquid Concealer

Concealer terbaru dari Emina dilengkapi dengan aplikator doe foot yang memudahkan penggunaan. Tersedia dalam tiga shades yang cocok untuk kulit perempuan Indonesia. Teksturnya creamy dan mudah dibaurkan tanpa terasa kering atau crack. Coverage-nya medium hingga full, cocok untuk menutupi noda gelap dan bekas jerawat.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

 

7 Concealer terbaik untuk kulit berminyak

Kulit berminyak seringkali menjadi tantangan tersendiri dalam mencari produk makeup yang tepat, termasuk concealer. Oleh karena itu, penting untuk memilih concealer yang tidak hanya mampu menyamarkan noda dan ketidaksempurnaan, tetapi juga mampu bertahan lama di atas kulit yang cenderung berminyak.

Baca juga:   Cara Mengatasi Makeup Crack: Rahasia Kulit Flawless Seharian

Dari formula ringan hingga coverage yang tinggi, berikut adalah beberapa pilihan concealer yang dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak.

ESQA Flawless Liquid Concealer

Untuk kulit yang cenderung berminyak, ESQA menawarkan solusi dengan Flawless Liquid Concealer. Brand ini menawarkan concealer yang dapat bertahan lama dengan harga yang terjangkau. Diklaim memiliki coverage penuh, mudah dibaurkan, serta mampu menyamarkan dan mencerahkan area bawah mata, concealer ini memberikan kesan kulit wajah yang lebih halus.

Diperkaya dengan bahan-bahan seperti glycerin, betaine, dan allantoin, serta kafein untuk merapatkan area mata, produk ini juga melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan kandungan titanium dioxide. Tersedia dalam dua ukuran, full size 15 mililiter dan mini size 1,5 mililiter, serta berbagai pilihan shade untuk memenuhi kebutuhan beragam warna kulit.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

BLP Face Concealer

Dari BLP, hadir Face Concealer yang cocok untuk kulit berminyak. Brand lokal ini, didirikan oleh Lizzie Parra, seorang beauty vlogger dan makeup artist. Concealer ini tidak hanya mampu menyamarkan pori-pori dan meratakan garis-garis wajah, tetapi juga memberikan hidrasi pada kulit.

Dengan daya cover medium hingga tinggi dan formula tahan lama, concealer ini mengandung ekstrak chamomile yang antiinflamasi, antibakteri, dan antiiritasi, sehingga cocok untuk kulit yang cenderung berminyak.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Maybelline Fit Me Concealer

Maybelline Fit Me Concealer merupakan pilihan yang direkomendasikan untuk kulit berminyak. Brand internasional ini telah lama menjadi favorit banyak wanita dengan produk-produknya yang terjangkau. Concealer ini tidak hanya mampu menyamarkan noda dan bekas jerawat, tetapi juga memberikan kelembapan pada kulit.

Dengan coverage tinggi namun formula yang ringan, hasil makeup terlihat natural dan segar. Tersedia dalam berbagai shade yang sesuai dengan warna kulit.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

L’Oréal Infallible More Than Concealer

Dari brand Prancis, L’Oréal, hadir Infallible More Than Concealer yang cocok untuk kulit berminyak. Dengan coverage tinggi dan aplikator besar, penggunaan produk ini menjadi lebih mudah. Formula ringan membuat tampilan wajah terlihat segar dan natural. Tahan hingga 24 jam dan tahan air, concealer ini hadir dalam berbagai pilihan shade yang disesuaikan dengan warna kulit wanita Indonesia.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Wardah Lightening Liquid Concealer

Wardah Lightening Liquid Concealer merupakan pilihan terbaik untuk kulit berminyak dari brand kosmetik halal Indonesia. Dengan coverage medium hingga tinggi dan formula non-comedogenic, concealer ini terasa ringan di wajah.

Mengandung oil absorber untuk menyerap kelebihan minyak, serta micronized bright pigment untuk tampilan cerah dan halus. Tahan hingga 12 jam, concealer ini merupakan solusi ideal untuk kulit berminyak.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

PIXY Concealing Base

PIXY Concealing Base adalah pilihan lain untuk kulit berminyak. Dengan tekstur ringan dan 2 way whitening, produk ini mampu memberikan tampilan cerah pada wajah. Dilengkapi dengan SPF 35 dan PA+++, serta jojoba oil sebagai pelembap, concealer ini melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA sambil memberikan hidrasi. Tahan hingga 12 jam, concealer ini memberikan hasil yang sempurna dan tahan lama.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

Revlon PhotoReady Concealer

Terakhir, Revlon PhotoReady Concealer adalah pilihan terbaik untuk kulit berminyak. Dengan kandungan pigmen photochromatic, concealer ini mampu mengurangi tampilan masalah kulit seperti kemerahan, flek hitam, atau dark circles saat difoto. Teksturnya creamy dan mudah menyatu di kulit, memberikan hasil akhir makeup yang mulus dan sempurna.

Link belanja: Shopee | Tokopedia | Lazada

 

Penutup

Dengan berbagai pilihan concealer yang telah disebutkan, Anda dapat menemukan solusi yang sempurna untuk masalah kulit berminyak Anda. Terlepas dari jenis concealer yang Anda pilih, yang terpenting adalah teknik penggunaannya.  Dengan Cara Pakai Concealer yang Benar, concealer dapat menjadi alat yang ampuh untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Jadi, temukanlah concealer yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, dan berikanlah sentuhan akhir yang sempurna pada tampilan Anda setiap hari. Dengan begitu, Anda dapat tampil segar dan tanpa cela, memancarkan kepercayaan diri yang sesungguhnya.

FAQ

Apa itu concealer dan apa fungsinya?

Concealer adalah salah satu produk makeup yang digunakan untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan pada kulit wajah, seperti lingkaran hitam di bawah mata, noda, bekas luka, atau ketidakrataan warna kulit. Fungsinya adalah untuk menciptakan tampilan kulit yang lebih rata dan menyamarkan ketidaksempurnaan.

Apa saja jenis-jenis concealer yang tersedia dan manfaatnya?

Jenis-jenis concealer yang umumnya tersedia meliputi:

  • Liquid concealer: Cocok untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata dan noda kemerahan.
  • Cream concealer: Memiliki tekstur pekat dan coverage tinggi, cocok untuk kulit kering.
  • Stick concealer: Berbentuk stik dengan tekstur padat, cocok untuk kontur wajah.
  • Color corrector: Memiliki warna berbeda untuk menetralkan ketidaksempurnaan kulit, seperti warna hijau untuk kemerahan dan warna kuning untuk noda kehitaman.

Bagaimana Cara Pakai Concealer yang Benar?

Langkah-langkah penggunaan concealer yang benar meliputi:

  • Memilih warna yang tepat sesuai dengan kulit.
  • Menyiapkan kulit dengan baik dengan menggunakan pelembap.
  • Menggunakan teknik titik-titik untuk aplikasi yang presisi.
  • Menepuk concealer dengan lembut menggunakan ujung jari atau kuas.
  • Menggunakan sedikit bedak transparan untuk menetapkan concealer.
  • Hindari penggunaan terlalu banyak concealer untuk tampilan yang alami.

Apa saja rekomendasi concealer untuk berbagai masalah kulit?

Beberapa rekomendasi concealer untuk masalah kulit tertentu meliputi:

  • Untuk menutupi jerawat: Maybelline Fit Me Concealer atau L.A. Girl Pro Conceal HD.
  • Untuk kulit berminyak: ESQA Flawless Liquid Concealer atau BLP Face Concealer.

Apakah concealer dapat digunakan sebagai highlighter?

Ya, concealer juga dapat digunakan untuk meng-highlight area tertentu pada wajah, seperti tulang pipi, tulang alis, dan bagian tengah dahi, untuk memberikan efek mencerahkan dan membuat wajah terlihat lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *