Cara Menjawab Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda Ketika Interview Kerja dengan HRD

Mahasiswa UT, Cara Menjawab Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda Ketika Interview Kerja dengan HRD – Ketika melamar pekerjaan, salah satu tahapan yang akan kita lalui adalah interview atau wawancara.

Untuk bisa sukses melewati tahap ini kita harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira pertanyaan apa yang akan di berikan nantinya.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD adalah: “Apa kerukurang dan kelebihan yang Anda miliki?” Berikut, pembahasan lengkapnya.

Cara Menjawab Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda Ketika Interview Kerja

Cara menjawab apa kelebihan anda

Beikut cara menjawab untuk pertanyaan apa kelebihan yang Anda miliki, kita bisa menjawab pertanyaan tersebut sepert ini.

Pertama sebutkan kelebihan yang kamu miliki yang memiliki hubungan dengan hardskill dan softskikk dari posisi yang kamu lamar.

Contoh:

Baik, Bapak/ibu, Saya memiliki kelebihan yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan oleh perusahaan saat ini. Dimana saya mampu membuat laporan keuagan dan laporan pengeluaran perusahaan. Serta saya juga memiliki kemampuan time management yang baik

Kedua, jangan lupa sampaikan keinginan untuk belajar.

Contoh

Akan tetapi saya paham betul bahwa setiap perusahaan memiliki standar prosesdur yang berbeda-beda, maka dari itu saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan penjelasan yang lebih detail terkain posisi ini.

 

Cara menjawab apa kekurangan anda

Sedangkan untuk pertanyaan apa kekurangan yang Anda miliki, kita bisa menjawab dengan cara sepert ini.

Pertama, sampaikan dengan jujur kekurangan yang kita miliki.

Contoh

Saya memiliki kekurangan dalam time manajement. Sehingga, dalam beberapa pekerjaan saya tidak mampu mengerjakannya secara tepat waktu

Kedua, sampaikan solusi yang sedang kamu lakukan untuk mengatasi kekuranganmu tersebut

Contoh

Meski demikiaan, saya terus melatih kemampuan time management saya dengan cara belajar memprioritaskan mana pekerjaan yang sifatnya urgent dan mana yang tidak.

 

Tips menjawab pertanyaan apa kekurangan dan kelebihan Anda

1. Jujur

Pertama yang harus di pahami disini adalah wawancara / interview ini adalah perusahaan ingin mengenal kita sebagai calaon karyawanya lebih dekat. Jadi, pastikan kamu jujur ketika menjawab pertanyaan ini.

Karena dengan mengetahui apa kekurangan dan kelebihan kita, pihak HRD akan mengetahui karakteristik kita.

Sehingga, nantinya dapat menempatkan kita bekerja dengan tim yang dapat melengkapi kekurangan dan kelebihan kita tersebut.

Kalau kita hanya menjawab pertanyaan tersebut dengan template yang kita dapatkan di internet, maka pihak HRD akan keliru menilaimu. Sehingga ketika bekerja secara tim, kita tidak akan merasa nyaman karena bekerja dengan orang yang tidak cocok dengan karakteristik kita.

Oleh karena itu, sengaja dalam artikel ini saya tidak mencantumkan template jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut.

2. Bersikap Positif

Bersikaplah positif ketika menjawab pertanyaan HRD terkait kelebihan dan kekurangan diri.

Persiapkan berbagai kemungkinan pertanyaan beserta alternatif jawaban yang akan kamu katakan pada HRD untuk menghindari jawaban kosong.

Apabila kita terlalu banyak berpikir dan mengambil jeda ketika interview, dikhawatirkan bahwa penilaian HRD akan menjadi kurang baik yang kemudian berakibat pada hasil interview.

Lakukan saja yang terbaik dan hindari stres agar tetap rileks.

3. Menjaga Gestur Tubuh Saat Menjawab

Merasa grogi dan takut ketika interview adalah hal yang wajar. Tetapi tetaplah berusaha untuk menjaga gestur tubuh

Ketika gugup manusia secara tidak sadar mengubah posisi tubuh dan beberapa melakukan gerakan-gerakan kecil untuk menghindari kegugupannya.

Ada yang mengetuk-ngetukkan sepatunya ke lantai, melipat jari tangan, memutar kepala dan bola mata lebih sering, beberapa bahkan mengucapkan kata yang menunjukkan bahwa dia sedang bingung.

Ketika kita sudah bingung menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, cobalah untuk menarik nafas panjang dan jaga posisi tubuh agar tetap tegak. Pikiran bisa menjadi lebih jernih dan kamu bisa menjawab pertanyaan perlahan-lahan.

Pahami pertanyaan yang ditanyakan agar tidak salah menjawab.

4. Memperbanyak Referensi Jawaban

Semakin banyak referensi jawaban yang kita miliki, akan memudahkan kita menjawab pertanyaan HRD. Mulai mengeksplore diri untuk bisa mengumpulkan kelebihan dan kekurangan diri sebanyak mungkin.

Harapannya, ketika nanti ada pertanyaan berupa kasus, kita tidak akan kebingungan saat menjawabnya. Jawaban yang bervariasi pun akan menghindarkan pelamar dari rasa ‘stuck’.

Ingat, HRD tidak hanya menanyakan kekurangan dan kelebihan kita saja.

Bukan tidak mungkin HRD bertanya tentang kasus yang terjadi di perusahaan. Apabila kita tidak update dengan kondisi yang terjadi, hindari sikap sok tahu dan menjawab pertanyaan secara asal.

Sebaliknya, kamu bisa mengatakan jawaban yang general atau sifatnya umum. Kamu juga bisa meminta HRD untuk menunjukkannya karena kamu benar-benar tidak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.