Cara Menghitung Persen di Excel

Mahasiswa UT, Cara Menghitung Persen di Excel – Menghitung persen atau persentase adalah suatu perhitungan yang biasa muncul ketika membuat atau menampilkan suatu laporan analisis data. Tujuanya agar pengguna dan pembaca dapat memahami pesan yang disampaikan dalam laporan tersebut.

Selain itu, dalam kegiatan administrasi perhitungan seperti bunga bank, menghitung diskon, persenan komisi dan lainya sering kali digunakan. Maka penting untuk seorang administrasi memahami cara menghitung persen ketika menggunakan Excel.

Persentase, persen ataupun perseratus sendiri adalah adalah sebuah bilangan, angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus.  Adapun simbol yang digunakan untuk menunjukan bilang Persentase adalah simbol “%”.

Persentase ini, tetap digunakan meskipun bilangan yang di jadikan perbandingan bukan unsur ratusan. Namun, bilangan tersebut itu nantinya diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus.

Cara menampilkan format persen (%) dalam Excel

Ada beberapa cara yang dapat di gunakan untuk memunculkan format persen (%) di excel, beberapa cara tersebut adalah:

Melalui menu tab Home

Menampilkan persen di excel

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan menu tab yang di sediakan oleh Excel sendiri, adapun pengaturan tersebut dapat di lihat seperti pada gambar.

 

Menggunakan shortcut keyboard

Cara paling mudah untuk menampilkan format persen(%) adalah dengan menggunakan shortcut melalui keyboard, adapun kombinasi yang di gunakan adalah:

Ctrl+Shift+%

Cara Menghitung Persen di Excel

Pertama untuk mengghitung persen di Excel, kita harus mengetahui cara mengghitung persen lebih dahulu. Adapun cara menghitung persen adalah:

Cara Menghitung persen

Contoh

Seorang siswa mengerjakan soal matematika berjumlah 10 dan mendapatkan 7 nilai benar. Maka cara menghitung persentase nilainya adalah: 7/10 x 100% = 70%

Contoh langsung pada penggunaan di Excel secara langsung sebagai berikut

Cara Menghitung persen di ExcelKalau ada yang bilang:

Ahh itu sih gampang kan jumlah siswanya juga sudah lurus 100 orang, nggk pake rumus juga bisa di ketik manual

Cara Menghitung persen di Excel

Namun jika rumus sudah benar, kita tinggal merubah jumlah siswanya maka hasilnya akan sama.

Cara Menghitung Komisi Penjualan di Excel

Salah satu rumus persen yang sering di gunakan ketika menggunakan excel adalah menghitung komisi penjualan. Apalagi jika kita bekerja di perusahaan dagang kita nantinya pasti sering di minta untuk mengitung komisi yang harus di bayar kepada sales berdasarkan penjualanya.

Berikut cara menghitung persenan komisi penjualan di Excel:

Cara Menghitung Komisi di Excel

Catatan

Pastikan mengaktifkan fitur Curency atau Accounting untuk sebelum menghitung komisi.

Semoga tulisan kali ini dapat membantu, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.