Cara Mencari Referensi Jurnal Internasional

Mahasiswa UT, Cara Mencari Referensi Jurnal Internasional – Saat ini dengan kemajuan teknologi internet, mencari jurnal tidak sesulit dulu lagi, dan sekarang sudah banyak jurnal online yang bertebaran di dunia maya dari jurnal nasional hingga jurnal internasional.

Jurnal internasional adalah referensi yang sangat kuat untuk penelitian ilmiah atau tesis. Namun, masih ada orang yang bingung bagaimana Cara Mencari Referensi Jurnal Internasional? Untuk itu simak artikel berikut ini.

Apa Saja Cara Mencari Referensi Jurnal?

1.      Google Scholar

Sebelum mempelajari cara mencari jurnal internasional menggunakan Google Scholar, situs ini memiliki beberapa manfaat yang harus diperhatikan. Manfaat ini meliputi:

  1. Menyediakan literatur dari berbagai bidang keilmuan untuk memudahkan pengguna mendapatkan referensi.
  2. Menyediakan dokumen teks atau artikel lengkap.
  3. Memungkinkan Anda untuk mengikuti perkembangan terbaru atau masalah penelitian.
  4. Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa karya yang dikutip dan melihat makalah atau artikel teks lengkap di Google Scholar. Anda dapat mencari jurnal internasional melalui platform ini sesuai dengan fitur yang disebutkan oleh penulis.

Setelah mempelajari beberapa manfaat yang tersedia melalui Google Scholar dan berikut beberapa cara mencari jurnal internasional melalui situs ini.

  • Ketik scholar.google.com
  • Layar pencarian akan muncul di layar awal, mirip dengan pencarian Google.
  • Masukkan kata kunci yang ingin Anda cari.
  • Setelah itu, Google Scholar akan menampilkan banyak dokumen terkait topik tersebut.

Pastikan membuka hasil pencarian dan referensi yang akan digunakan sesuai dengan persyaratan jurnal internasional tersebut di atas. Baru kemudian referensi dapat dikatakan handal dalam memberikan informasi.

  • Klik langsung pada hasil pencarian atau klik kanan pada file PDF, kemudian pilih “Unduh”.

Sebagai tambahan, di sisi kiri halaman yang sama, pengguna dapat mempersempit pencarian mereka ke apa yang ingin mereka temukan. Dari saat publikasi jurnal hingga identifikasi jurnal yang relevan.

2.      ScienceDirect

Situs web ini sah dan ilmiah teks lengkap, publikasi teknologi dan kesehatan dipadukan dengan fungsi yang cerdas dan intuitif sehingga pengguna dapat memperoleh informasi dan lebih efisien di bidangnya.

Dengan e-book dan bahan referensi, serta jurnal berkualitas tinggi, ScienceDirect sangat ideal bagi para profesional yang ingin mengetahui detail suatu topik. Ini dapat memberikan dukungan luar biasa untuk pekerjaan jurnalis dan orang biasa.

ScienceDirect memungkinkan pengguna untuk meneliti atau membaca berbagai buku dan jurnal tentang berbagai topik dan bidang, termasuk:

  1. Ilmu dan teknik fisika mencakup berbagai disiplin ilmu mulai dari teori hingga aplikasi praktis.
  2. Penelitian asli, analisis mendalam, jurnal dan buku Life Sciences dengan teori terkini dan banyak lagi.
  3. Ilmu-ilmu sosial dan humaniora, konteks sejarah, perkembangan terakhir, teori, Aplikasi menyoroti tren dan banyak lagi.
  4. Pendidikan untuk memberi tahu Anda tentang perkembangan dan penelitian medis dan untuk meningkatkan perawatan pasien; Ilmu kesehatan termasuk informasi referensi dan pendukung keputusan.

Pengguna hanya perlu mengetik http://sciencedirect.com di browser, kemudian diarahkan langsung ke halaman beranda. Dari halaman itu, pengguna cukup menemukan bagian “Akses Terbuka” dan mengetikkan kata kunci yang mereka cari. Pilihan jurnal dan e-book kemudian akan muncul.

3.      Research Gate

Melalui ResearchGate, peneliti dapat mengunduh jurnal atau memesan jurnal secara gratis untuk memanfaatkan layanan melalui situs ini pengguna hanya perlu login https://www.researchgate.net/ Anda dapat menggunakan email pribadi atau email kantor/kampus.

4.      Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional memiliki akses ke jurnal penelitian online dan offline, banyak buku dan majalah ilmiah yang ditawarkan.

Namun, untuk mengaksesnya, Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota Perpusnas dan memperoleh status keanggotaan resmi.

Itulah Cara Mencari Referensi Jurnal Internasional, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.