Cara Menanam Jagung agar Buahnya Besar

Mahasiswa UT – Menanam jagung bisa menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama jika Anda ingin mendapatkan buah yang besar dan lezat. Jagung merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari, air, dan nutrisi yang cukup. Di samping itu, tanaman jagung juga membutuhkan perawatan yang teratur agar bisa tumbuh dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara menanam jagung agar buahnya besar.

1. Persiapan Lahan

Sebelum menanam jagung, pastikan Anda sudah menyiapkan lahan dengan benar. Lahan yang baik untuk menanam jagung harus memiliki pH tanah antara 6 hingga 7. Selain itu, lahan harus memiliki sistem drainase yang baik agar tidak terjadi genangan air yang berlebihan. Pastikan juga bahwa lahan yang akan digunakan memiliki sinar matahari yang cukup selama 6-8 jam sehari.

2. Penyemaian

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian biji jagung. Caranya adalah dengan membuat lubang sekitar 5 cm dalam tanah dan meletakkan biji jagung dengan jarak sekitar 30-40 cm antara satu biji dengan yang lainnya. Setelah itu, tutup lubang dengan tanah dan sirami biji jagung dengan air secukupnya.

3. Pemupukan

Setelah bibit jagung mulai tumbuh, sekitar 2-3 minggu setelah disemai, lakukan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk kandang. Pemupukan ini bertujuan untuk memberikan nutrisi yang cukup pada tanaman jagung sehingga pertumbuhannya menjadi lebih maksimal. Pemupukan juga bisa dilakukan dengan cara menyiramkan larutan pupuk yang sudah diencerkan di sekitar tanaman jagung.

Baca juga:   Cuma 10 Menit, Cara Mudah Menanam Buah Naga dalam Pot

4. Penyiraman

Jagung membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Jadi pastikan untuk menyiram tanaman jagung secara teratur, terutama pada saat cuaca sedang panas dan kering. Namun, hindari penyiraman yang berlebihan karena bisa menyebabkan akar jagung membusuk dan menghambat pertumbuhannya.

5. Pemangkasan

Setelah tanaman jagung mulai tumbuh tinggi, lakukan pemangkasan pada daun-daun bawah yang sudah kering atau layu. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan tanaman jagung.

6. Pemberian Pestisida

Agar jagung tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang besar, perlindungan terhadap hama dan penyakit perlu dilakukan. Pemberian pestisida bisa dilakukan secara rutin untuk mencegah serangan hama dan penyakit yang bisa merusak tanaman jagung.

7. Panen

Jagung siap dipanen setelah 70-90 hari setelah penanaman. Periksa apakah tongkol jagung sudah matang dengan cara memeriksa warna dan tekstur tongkol yang sudah membulat dan keras. Pemilihan waktu panen yang tepat akan memastikan jagung yang dihasilkan matang dan siap dikonsumsi dengan kualitas terbaik.

8. Penyimpanan

Jagung yang sudah dipanen harus segera diolah atau disimpan agar kualitasnya tetap terjaga. Jagung yang masih dalam tongkol bisa disimpan dalam suhu ruangan selama beberapa hari, sedangkan jagung yang sudah dipisahkan dari tongkol bisa disimpan dalam lemari pendingin selama beberapa minggu. Pastikan jagung yang disimpan dalam lemari pendingin sudah dikupas dari tongkolnya dan dimasukkan ke dalam kantung plastik sebelum disimpan.

9. Penggunaan Pupuk Organik

Pupuk organik bisa digunakan sebagai alternatif pupuk kimia untuk menumbuhkan jagung dengan hasil yang besar dan berkualitas. Pupuk organik memperkaya nutrisi tanah dan membantu meningkatkan kandungan bahan organik dalam tanah. Pupuk organik juga membuat tanah lebih subur dan menambah ketersediaan nutrisi bagi tanaman jagung.

Baca juga:   Cara yang Tepat untuk Menanam Sirih pada Pot sebagai Tanaman Hias

10. Menghindari Penyakit dan Hama

Penyakit dan hama bisa menjadi ancaman serius bagi tanaman jagung. Untuk menghindari serangan hama dan penyakit, jagung perlu dipelihara secara teratur. Pastikan Anda melakukan pembersihan area sekitar tanaman jagung dari gulma dan sampah yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya hama dan penyakit. Selain itu, lakukan pemberian pestisida secara rutin dan pastikan tanaman jagung mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup.

Demikianlah beberapa cara menanam jagung agar buahnya besar. Dengan perawatan yang tepat, jagung bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang lezat. Selamat menanam jagung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *