Cara Memilih Softlens untuk Mata Minus Agar Mata Tidak Infeksi

Mahasiswa UT, Cara Memilih Softlens untuk Mata Minus – Softlens adalah lensa kontak yang dirancang untuk ditempatkan langsung di atas mata. Lensa ini terbuat dari bahan lentur yang nyaman seperti hidrogel atau bahan silicon hydrogel. Softlens digunakan untuk koreksi penglihatan seperti kacamata, tetapi mereka ditempatkan di mata secara langsung.

Artikel ini akan membantumu menemukan softlens yang tepat bagi Anda pemilik mata minus.

Soflens vs Kacamata

Meskipun menggunakan kacamata lebih mudah dan memiliki resiko lebih kecil di banding menggunakan softlens, beberapa orang lebih memilih softlens karena alasan-alasan berikut:

Lebih stylish

Softlens tidak terlihat seperti kacamata dan tidak mengubah penampilan wajah pengguna. Beberapa orang memilih softlens karena ingin tampilan yang lebih alami atau karena tidak suka tampilan kacamata pada wajah mereka. Beberapa softlens malah menawarkan warna berbeda dengan mata asli sehingga menambah nilai style ketika di gunakan

Kenyamanan

Beberapa orang yang memakai kacamata lebih memilih menggunakan softlens untuk kegiatan luar seperti olahraga karena tidak perlu khawatir kacamata jatuh dan pecah. Selain itu, Softlens terbuat dari bahan yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan bentuk mata.

Bidang pandang yang lebih luas

Softlens berada langsung di mata, memberikan bidang pandang yang lebih luas daripada kacamata. Terutama dalam kegiatan yang memerlukan pandangan perifer yang baik. Tidak di batasi oleh frame kacamata.

Baca juga:   5 Kebiasaan yang Membuat Kacamata Rusak

 

Cara Memilih Softlens untuk Mata Minus

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih menggunakan softlense untuk mata minus. Selain kenyamanan inilah langkah-langkah yang harus di lakukan sebelum membeli softlens.

Konsultasikan dengan Optometris atau Ahli Kacamata

Sebelum membeli softlens, disarankan untuk berkonsultasi dengan optometris atau ahli kacamata. Mereka dapat melakukan pemeriksaan mata untuk menentukan derajat minus mata Anda dan memberikan saran mengenai jenis dan merek softlens yang sesuai.

Pilih Bahan yang Nyaman

Pilih softlens yang berbahan dasar seperti hidrogel dan silicon hydrogel umumnya lebih nyaman dan memungkinkan sirkulasi udara ke mata.

Indeks Pembiasan Tinggi untuk Kesenangan Optimal

Softlens dengan indeks pembiasan tinggi dapat memberikan visual yang optimal ketika digunakan dan lebih tipis dari lensa biasa, apa lagi jika kita memiliki minus lebih dari 5.

Kurangi atau Hindari Dehidrasi Mata

Pilih softlens yang dirancang untuk mengurangi atau menghindari dehidrasi mata. Beberapa softlens memiliki teknologi khusus yang membantu menjaga kelembaban mata selama penggunaan.

Ukuran dan Bentuk Mata

Pilih ukuran dan bentuk softlens yang sesuai dengan mata Anda. Softlens yang tidak pas dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan kerusakan pada mata.

Perhatikan Tipe dan Lama Pemakaian

Softlens hadir dalam berbagai tipe, termasuk harian, mingguan, dan bulanan. Pilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Pastikan untuk mengganti softlens sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan untuk mencegah infeksi dan iritasi mata.

 

 

Resiko penggunaan Soflens

Meskipun banyak orang dapat menggunakan softlens dengan aman dan tanpa masalah, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi bagi kita yang tidak biasa menggunakannya. Adapun risiko-risiko yang harus kita perhatikan adalah:

Baca juga:   Keuntungan Bekerja di Luar Jurusan Kuliah

Infeksi Mata

Penggunaan softlens yang tidak bersih atau tidak sesuai prosedur kebersihan dapat meningkatkan risiko infeksi mata, seperti konjungtivitis atau infeksi kornea. Kebersihan yang buruk atau penggunaan yang tidak benar juga dapat menyebabkan akumulasi bakteri atau jamur di lensa.

Iritasi Mata

Beberapa orang mungkin mengalami iritasi mata saat menggunakan softlens. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk bahan softlens, kelembaban yang rendah, atau sensitivitas mata.

Kering Mata

Penggunaan softlens dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi kering. Softlens dapat mengurangi jumlah oksigen yang mencapai mata, sehingga mengakibatkan kekeringan dan ketidaknyamanan.

Allergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan softlens. Ini dapat menyebabkan mata merah, gatal, atau bahkan pembengkakan.

Kerusakan Mata Serius

Jika softlens tidak sesuai atau digunakan secara tidak benar, ini dapat menyebabkan kerusakan mata serius, seperti luka pada kornea atau pembengkakan.

Pemindahan Warna Mata (Iris)

Softlens berwarna dapat merubah warna mata. Pada beberapa orang, ini mungkin mengakibatkan perubahan sementara dalam warna iris mata.

Ketidaknyamanan

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman saat menggunakan softlens, terutama jika ukuran atau bentuk lensa tidak sesuai dengan mata mereka.

Komplikasi yang Langka

Meskipun jarang, ada kemungkinan terjadinya komplikasi serius seperti neovaskularisasi kornea, yang melibatkan pertumbuhan pembuluh darah baru di kornea mata.

***

Penting untuk diingat bahwa risiko-risiko ini dapat diminimalkan dengan mematuhi prosedur kebersihan, mengikuti panduan penggunaan yang direkomendasikan oleh profesional mata, dan berkonsultasi dengan dokter mata secara teratur. Jika Anda mengalami gejala tidak nyaman atau ada masalah dengan penggunaan softlens, segera hubungi profesional mata untuk mendapatkan bantuan dan saran yang sesuai.

Jadi pastikan kamu memahami fungsi dan resiko ketika memilih softlens untuk mata minus, jangan sekedar menggunakan hanya demi mengikuti tren atau terlihat beda saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *