Cara Daftar TAP dan Karil di UT (Universitas Terbuka)

Mahasiswa UT – Setelah mengetahui Apa itu TAP dan Karil di Perkuliahan UT? Pasti banyak yang tanya bagaimana cara daftar TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) di Universitas Terbuka. Apakah kamu salah satunya?

Well, hari ini saya akan bantu bahas cara daftar dan prosedurnya TAP ataupun karil, supaya kalian tidak bingung lagi. Untuk proses pendaftaran TAP dan karil ini sepaket ya, jadi tidak bisa dipisahkan.

Pihak UT akan melakukan proses penjaringan internal dulu didalam sistem mereka, jika kalian sudah lulus seleksi maka secara otomatis NIM kalian sudah bisa didaftarkan TAP. Jika kalian belum bisa daftar TAP maka kalian belum lulus seleksi penjaringan tersebut.

Semua data-data ini saya dapatkan berdasarkan pembicaraan dengan pihak hallo UT dan juga dari katalog UT. Detail persyaratan mengikuti TAP sebagai berikut:

1. Data pribadi sudah lengkap

Kalian bisa menghubungi hallo UT atau datang ke UPBJJ UT untuk cek apakah data-data adminstrasi kalian sudah lengkap. Jika sudah lengkap, maka kalian sudah bisa daftar TAP.

2. Syarat akademis lainnya sudah terpenuhi

Selain data adminstrasi, ada juga syarat akademis yang sudah harus terpenuhi seperti:

  • IPK terakhri minimal 2.00
  • Sudah lulus minimal 110 SKS (untuk semua jurusan khusus program S1)
  • Sudah mengambil semua mata kuliah pendukung TAP (bisa diambil sebelum atau bersamaan dengan TAP)

Jika ketiga hal diatas sudah terpenuhi, maka kalian bisa mendafatar TAP dan karil ke UPBJJ UT ataupun online melalui web sia.ut.ac.id

Jangan langsung panik jika kalian belum bisa mendafatar TAP secara online padahal semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi. Hal ini terjadi karena nama kalian belum masuk kepenjaringan didalam system UT untuk program TAP. Maka itu kalian bisa datang ke UPBJJ UT jakarta saat H-10 dari batas registrasi mata kuliah. Kalian bisa registrasi mata kuliah dulu dan TAP nya didaftarkan menyusul.
Read more... / Baca selengkapnya...

246 thoughts on “Cara Daftar TAP dan Karil di UT (Universitas Terbuka)

  1. Hallo, Kak
    Saya mahasiswa non-sipas, kalau hingga semester 6 ini jumlah SKS yang sudah ditempuh hanya 107 walaupun semua mata kuliah pendukung sudah diambil, apakah saya belum bisa mengikuti TAP di semester 7?
    Mohon bantuannya ya, Kak.
    Terima kasih.

  2. Halo kak, maaf mau tanya
    Saya non sipas dan saya alih kredit
    Di sistem saya tercatat semester 5, dan saat ini mengambil 24 sks
    Pernah menempuh 39 sks juga dan ada 52 sks yang di acc setelah alih kredit
    Apakah nanti di smt 6 saya bisa mendaftarkan diri jika 39 sks (sudah ditempuh) + 51 sks (pembebasan alih kredit) + 24 sks (menunggu nilai)
    Terimakasih kak

      1. Halo kak, izin bertanya bagaimana kita bisa tau kalau kita sudah bisa terjadi untuk mengikuti atau mengambil TAP ?

        1. Saat registrasi maka kode TAP sudah bisa di input, coba tunggu 1-2 hari lagi setelah nilai keluar untuk registrasinya… karena mungkin masih dalam tahap penjaringan

      2. Hallo KK
        Izin bertanya saya mahasiswa PGSD.
        untuk TAP itu semua persyaratan nya sudah terpenuhi, tetapi ada 1 MK yng E diluar dari MK penunjang TAP
        Apakah nati tetap bisa terjaring TAP
        Karna nama saya belum terjaring
        Mohon penjelasannya ya KK terimakasih ๐Ÿ™

          1. MK yng E sudah diregistrasi kan
            Tetapi belum juga kk
            Atau memang ada batas tertentu penjaringan nya keluar ๐Ÿ™

          1. HALO KA,, saya mau tanya,,
            saya mahasiswi PGSD, untuk semseter ini, Kendala saya Tidak terjaring di TAP, krn MK Pkn nya ujul,tapi semster ini sdh registrasi dan sedang berjalan. syarat IPK dan jumlah SKS sdh memenuhi syarat dan MK TAP ini jg sya sdh registrasi dan bayar..
            dengan kondisi seperti itu apakah seharusnya saya masih bisa mengikuti TAP. .?

  3. hi ka , mau tanya kalau saya ambil TAP + karil. apakah wajib mengikuti bimbingan karil atau bisa jika saya langsung upload saja di website untuk karilnya ? dan untuk TAP itu sendiri apakah bentuknya hanya mengerjakan soal mata kuliah pendukung bukan seperti Tugas Akhir pada umumnya ?

  4. Hallo kak,
    Saya mahasiswa nonsipas, saya sudah semester akhir jumlah SKS saya sudah 126 dan MK pendukung nilainya sudah masuk. Namun belum terjaring TAP, gimana caranya ya kak biar terjaring TAP?
    Terima kasih

  5. halo kak, saya Alih Kredit sipas non TTM Semester 7. seharusnya jika sipas Non ttm disemester 7 sdh ada Mtk TAP dan Karil kan ya ? bagaimana jika TAP dan Karil nya tidak muncul ya kak.

    1. Utuk TAP dan Karil registrasinya harus tunggu terjaring TAP dulu… tidak bisa langsung daftar sebelum terjaring TAP, tunggu pengumuman dari pihak UPBJJ nya

      1. Hallo kak, aku mau tanya kmren aku udh registrasi ujian ulang online, trus sudah di bayar jg, nah kok skrg pas aku cek lagi malah status ny berubah jgi pengembalian uang, itu gmna ya kak,pas regis kmren itu berhasil jumlah sks yg di regis jg berkurang dri 24sks , itu gmna ya kak

  6. Hi kak…
    Semester ini saya mau registrasi makul Termasuk TAP dan Karil. Ternyata hanya Karil yang belum bisa. Tertulis makul tidak tersedia. Akhirnya registrasi saya tunda dulu. Mohon solusi. Terima kasih.

      1. Hallo kak aku juga sama,pada saat masukin kode TAP bisa. Tapi yang kode Karil tidak bisa. itu apakah sudah otomatis terdaftar atau belum bisa ambil TAP/KARIL?

  7. Saya, sipas non ttm dari lulusan S1 otomatis semester 5, saat ini menjalani semester 6, mata kuliah yg saya tempuh hingga saat ini sekitar 36 sks, kira2 bisa ikut karil dan TAP ngak semester 7 nanti…

      1. Assalamu’alaikum.
        Izin bertanya kak.
        Saya Non sipas, sudah semester akhir, cuma 5 matkul yg belum di ambil.
        Kasus nya gini kak, untuk TAP nya tidak bisa di registrasi kan.
        Tapi karil nya bisa.
        Sudah ke UBJJ UT juga, cuma jawaban nya disuruh menunggu penjaringan. nilai saya nggak ada yg bermasalah.
        Semuanya lulus.
        Mohon bantuannya kak.

        1. jawaban saya sama seperti pihak upbjj, memang menunggu penjaringan… cara tahu kita sudah terjaring TAP dengan terus mencoba registrasikan TAP nya secara berkala

          1. penjaringan pasti sebelum masa registrasi selesai kan mas? (dalam hal ini 7 september 2022).. saya juga tidak bisa ambil TAP.. berarti tinggal tunggu aja ya?

  8. Halo kak, izin tanya jika semester sebelumnya telah mengambil 126 sks dan semester depan mengambil 18 sks (sudah termasuk TAP & Karil) apa boleh kak? Atau wajib menyelesaikan 140 sks di semester depan lalu semester selanjutnya ambil 4 sks untuk TAP & Karil?
    Terima kasih kak

      1. Ijin bertanya, jika semua MK saya sudah lulus namun sampai saat ini untuk regist TAP masih tidak bisa/ Kode TAP nya tidak muncul padahal batas regist MK tinggal beberapa hari lagi bagaimana?

    1. assalamu’alaikum kak saya mahasiswa no
      sipas semester 6 jika SKS yang saya ambil di semester 7 sebanyak 21 sks apakah bisa nambah TAP dengan 4 sks..terima kasih

  9. Halo ka, mau tanya, kalo semester kemarin sudah ambil tap dan karil kalo seandainya hasilnya harus ulang, untuk sipas bisa langsung registrasi lagi di next semesternya?

  10. Assalamualaikum saya mau tanyak kenapa nilai TAP saya kok masih 0 ya terus saya cobak regestrasi gak bisa katanya

  11. selamt siang pak say mau tanya ..semester lalu saya g bisa mengkitu TAP karena ada satu makul tertinggal
    jadi saya mau reges di semester ini
    saya coba tapi tidak ada muncul dilaman registrasi pak
    jadi tidak bisa pengajuan registrasi
    mohon solusinya pak
    terima kasih

    1. Hallo kak saya mau bertanya, saya sudah rgistrasi tap tapi diketerangan pembayaran “bebas pembayaran” apa itu artinya saya tidak terjaring tap?

      1. Apa ikut sipas dan sudah registrasi sebelumnya? kalau sudah berarti sebelumnya memang tap sudah terbayaekan…

        untuk pastinya bisa konfirmasi ke UPBJJ terkait

  12. Selamat MLM,saya mau nnya sudah menempuh aja 119 aja lulus,tpi ada 1 matakuliah yg dpt E, jadi apakah bisa saya mengikuti Tap untuk semester ini

  13. Min, sebelumnya saya terjaring ikut TAP tp saya tidak mengikuti ujian karena saya gk tau kalau saya terjaring TAP. Semester ini saya mau registrasi matkul TAP saja, tanpa matakuliah pendukung karena matakuliah pendukung memang sudah selesai semua. Tapi ini proses pembayaranya bagaimana? Karena di laman SIA masih status belum di bayar sementara tagihan Rp 0, mohon penceraha, saya benar2 bingung

  14. Assalamualaikum selamat pagi kak mau nanya saya udah selesai semester 8 saya udh lulus 144 SKS.
    Tapi IPK saya masih 1,8 ap bisa ikut ujian TAP nya?
    Terimakasih ๐Ÿ™

  15. Assalamualaikum saya mau tanya. Saya terjaring TAP untuk 2022.1 tapi seteleh saya coba registrasikan di sia.ut.ac.id katanya belum bisa mengambil TAP. Sementara SKS yg Uda ditempuh 126. Syarat dalam BMP TAP kan 110 SKS ya..kok jadi bingung ya.

    1. saya juga seperti ini, ambil sistem non sipas, alih kredit, total SKS sudah 128 dan nilai IP juga memenuhi untuk ikut TAP, akan tetapi sewaktu registrasi di tanggal 9 Februari 2022 ini muncul notifikasi belum bisa mengambil TAP, sudah ke UPBJJ UT terdekat informasinya diminta menunggu hingga besok/ lusa karena hari ini katanya baru diadakan penjaringan TAP.

        1. Kak.., saya juga sudah kontak UPBJJ tempat saya mendaftar, tapi katanya masih penjaringan, nilai saya juga semua sudah keluar, sedangkan masa terakhir registrasi matakuliah sudah mepet tinggal 2 hari lagi. Mohon pencerahannya?

  16. Halo kak, maaf mau tanya
    Saya non sipas dan saya alih kredit
    Di sistem saya tercatat semester 5, dan saat ini mengambil 19 sks (dengan 5 MK 15sks serta 1 TAP 4sks) tetapi TAP belum bisa diregistrasikan ataupun termasuk penjaringan sistem,
    Sks yang sudah saya tempuh 96 sks dan ada 29 sks yang di acc setelah alih kredit,
    Bagaimana agar TAP saya bisa terjaring dan diregistrasikan ,mengingat batas akhir Registrasi mepet 15 feb 2022 berdasrkan persyaratan saya sudah memenuhi untk mengikuti TAP, saya juga sudah melaporkan ke UPBJJ saya dan kirim tiket Hallo.ut.ac tetapi belum respon, mohon arahan dan solusi nya ka agar bisa mengikuti TAP
    Terimakasih kak

  17. Selamt sore saya sipas pendas..Karil sdh lulus mata kuliah pendukung TAP.lulus semua..terus berkas sudah oke..tapi blm terjaring TAP semstrr 9. Alasannya kira2 kenpa ya?

  18. Hallo kak, saya jurusan manajemen.
    Sudah menempuh 109 SKS, dan lulus 107 SKS. Semester ini saya masuk semeseter 7, tapi ko blm bisa registrasi TAP ya ?

    Apa harus tetap nunggu sampai saya menempuh 110 SKS ?
    Terima kasih

  19. Saya semester 7, blm bisa ikut TAP karna syarat blm terpenuhi, jadinyakan harus di semester 8. Apa kah ada kemungkinan saya tetep bisa lulus di semester 8 juga?. Makasih.

  20. hallo kaka. saya jurusan ilmu pemerintahan saya sudah mau ngambil TAP dan karil. namun di registrasi hanya muncul TAP saja. apakah registrasi TAP sudah termasuk karil?

  21. hallo kaa ,saya semester 7 kemarin saya datang ke ut untuk registrasi ,karena tapnya blm terjaring tetapi saya sudah regis 4 matkul ,apakah tidak apa apa dibagi 2 billing terpisah? tap sama mata kuliahnya? atau saya registrasi ulang dengan jadi satu billing? dan cara membatalkannya bagaimana?

  22. Hallo kak…..saya mahasiswi non sipas, yang alih kredit dan semua mata kuliah sudah beres, termasuk alih kredit sudah ada di transkip nilai dengan tanda *
    Pas lihat di transkip nilai mata kuliah yang sudah diambil semua total 98 sks, dan semester ini tinggal 1 mata kuliah saya yaitu hanya TAP, IPK alhamdulillah diatas 3. Kenapa belum terjaring juga ya? Khawatir karena total sks yang diambil semua hingga saat ini hanya 98 sks, padahal kalau digabung sama alih kredit ya total 147 sks yang sudah diambil dan tinggal TAP 4 sks lagi. Bahkan Karya ilmiah sudah diambil semester lalu bersamaan dengan mata kuliah PKP (Pemantapan Kemampuan Profesonal) dan lulus. Sudah hubungi Hallo UT tak pernah tersambung dan selalu terputus, hubungi ke UPBJJ tunggu penjaringan.
    Ya mudah-mudahan terjaring hari ini atau besok, tapi khawatir kalau tak terjaring bagaimana?

  23. halo kak , yang dihitung lulus 110sks itu dari LKAM,jumlah sks total yg ditempuh utk perhitungan IPK atau total sks keseluruhan?

  24. Halo kak, mau tanya soal kriteria lulus 110sks itu yang diliat di LKAM total yang ditempuh utk perhitungan ipk atau total keseluruhan ya? Soalnya sks nya totalnya beda karna saya non sipas, terima kasih.

    1. Assalamualaikum.. Izin bertanya. Jika saya sdh registrasi mata kuliah sem 7 dan melakukan pembayaran. Apakah nnti jika nilai sdh keluar dan saya terjaring TAPI apakah nnti membayar lagi untuk registrasi TAP?

  25. Salam.
    kalau saya (melalui web online) bisa daftar TAP tapi saat saya mau daftar Karya ilmiah malah keluar tulisan “mata kuliah….tidak ditemukan”, kenapa begitu ya ? tapi TAP nya berhasil daftar bahkan saya sudah bayar lunas dan di webnya juga sudah ada konfirmasi kalau TAP dan bahan ajar untuk TAP sudah lunas bayarnya.
    yang terakhir, berapa minimal nilai TAP yang dimana kalaupun karil (karya ilmiah) tidak lulus namun tetap dinyatakan lulus sehingga bisa dapat gelar S1 ?

    terima kasih ya

    1. Hai kak. Saya mahasiswa SIPAS alihkredit dan skrng semester akhir, mau registrasi TAP tidak bisa .mau nambah mata kuliah juga tidak bisa..saat ini baru 18sks. Itu kiraยฒ kenapa yaa

  26. Kenapa saya sudah memenuhi syarat untuk tap tapi tidak bisa regis tap…
    hubungi hallo ut dan upbjj tidak direspon…

    1. UPBJJ dan Hallo-UT tidak bisa di hubungi di akhir pekan, kemungkinan baru di balas hari ini… proses penjaringan secara bertahap, mohon di tunggu saja…

      itu yang bisa saya sampaikan sesama Mahasiswa UT

    2. Saya juga .padahal semester lalu sy ada di WA UT bisa regis TAP cm sybga ambil karena masih semester 7

  27. Mau tanya saya sudah ngerjakan Karil..tapi pas lihat nialai ngk ada nilai.Tapi keterangannya LL..apa nanti saya tetap ada TAP

    1. Karil memang tidak ada nilai karena bobot SKS nya 0, tp kalau suah LL berarti lulus… mbak masuk jurusan apa di UT? biasaya karil sebelum TAP itu hanya untuk mahasiswa keguruan dan pendas

  28. Ka, saya sipas pendas semester 9. Mata kuliah pendukung TAP lulus semua. Kenapa pas saya registrasi hanya ada 4 matkul, tapi TAP yh tidak muncul di billing yh ka? Saya nyoba regis TAP tulisannya tidak ditemukan. Kalau bgtu alasan yah kenapa ka?

  29. Halloo kak, saya mahasiswa sipas tp sks yg baru ditempuh 104sks. Apakah Tap nya nanti di semester 8?

  30. halo kak,saya mahasiswa pgsd sipas penuh. saya sdh melakukan registrasi dan pembayaran spp. pada waktu registrasi mata kuliah TAP blm ada di laman registrasi mata kuliah.sehingga saya hanya meregistrasikan 18 sks yg seharusny di semester ini saya menempuh 22 sks termasuk TAP.
    semua syrat TAP saya sdh terpeuhi,hanya saja saya terlalu cepat melakukan registrasi tanpa menunggu mata kuliah TAP tampil di laman.
    semalam saaat saya cek di bagian registrasi mata kuliah TAP sdh ada,tp saya tidak bs melakukan registrasi karena statusnya “sdh melakukan registrasi’. tp saat cetak ulang bilang tetap mata kuliah yg 18 sks itu kak,TAP ny tidak masuk
    apakah itu brrti saya tdk bs ikut TAP?pdhal 18 sks yg saya bayar jumlahny sm dgn 22 sks yaitu 2,7 jt..saya hatus bagaimana kak

  31. Mat siang, kemarin saya Uda selasai smtr 10 dan Uda selesai 135 SKS MK pendukungnya Uda lulus semua IPK 2.33, namun ada 2 Mk bukan MK pendukung yaitu PBK n Materi & pembel IPS di sd yang belum lulus.tapi tidak bisa regis MK TAP di smtr 2022.1 ini/link-nya tidak muncul untuk MK TAP.kenapa ni?Mohon pencerahannya agar dapat ikut TAP di smtr 2022.1 ini.terima kasih…..

    1. belum terjaring TAP, biasanya MK yg belum bisa di registrasikan dengan TAP semester ini… atau registrasi kan dahulu 2 MK tersebut, lalu registrasikan lagi untu TAPnya jadi dua kali resitrasi MK

  32. Halo kak
    Bisa bantu kenapa saya tidak bisa regis tap semua MK Uda selesai IPK 2.33 MK pendukung Uda lulus terus kamarin smtr 2021.2uda ikut PKP n upload KARIL hanya blum lulus 2 MK yg bukan MK pendukung yaitu PBK dan materi & pembel IPS di SD apa ini TDK bisa regis/TDK bisa ikut TAP.mohon pencerahannya..!trims,,,,

        1. Tolong pencerahannya,kenapa lip tap itu tidak ada tagihan pembayaran?terus untuk ikut tap itu kita harus ajukan lip apa saja agar jangan ada kewalaha.terima kasih mohon penjelasan kak,!

    1. Hallo kak, apakah TAP ada cara registrasi tersendiri? Atau memang terjaring dari sananya? Soalnya aku sudah registrasi matkul tapi belum terjaring TAP. Terimakasih

  33. Selamat sore izin bertanya, saya mahasiswa alih jenjang dari D3 Kearsipan ke D4. saya sudah menempuh sampai semester 8, namun sampai hari ini (14 Februari 2022), pilihan mengambil TAP belum bisa dikarenakan alih kredit saya baru selesai tadi siang. bagaimana menanggapi hal tersebut ? sedangkan besok adalah hari terakhir registrasi matakuliah.

    mohon pencerahannya
    terimakasih banyak

    1. IPK saya sudah aman, semua matakuliah yang disyaratkan juga sudah lulus, alih kredit juga sudah selesai, namun TAP masih belum bisa

      1. berarti saya harus mengambil cuti dulu semester depan ya kak ? dikarenakan semua matakuliah saya sudah selesai dan matakuliah yang dialihkreditkan (smt 1 – 4 ) sudah berketerangan LL atau di LKAM nya sudah lulus semua, apakah bisa kalau misalkan saya registrasi matakuliah yang disyaratkan untuk TAP kemudian nanti disusulkan registrasi TAP nya ditengah semester ?

        Soalnya hari ini udah terakhir registrasi matakuliah namun dari UPBJJ belum ada solusi yang jelas

      2. untuk proses singkronisasi alih kreditnya itu biasanya membutuhkan waktu berapa lama ya ? kemudian apabila sampai batas hari ini belum bisa registrasi TAP, saya harus bagaimana ya kak ?

  34. hallo kak, disemester lalu saya sudah mendapatkan mata kuliah TAP dan karil akan tetapi saya tidak mengupload karil, saya mengambil program sipas non ttm, dalam lkam saya tidak keluar nilai karil saya, apakah saya bisa mengambil karil kembali disemester berikutnya?
    mohon bantuannya.. terima kasih

  35. Hai kak mw tny yg pertama, saya sdh menempuh 114 sks artiny semester ini mw ambil TAP, Pertanyaan saya apakah ada bimbingan langsung / TM dr pihak UT jika mengambil TAP?? Karena seluruh MK yg saya ambil adalah nonsipas dan tidak pernah TM..

    Pertanyaan kedua saya, Apakah nilai saya yg C- lebih baik mengambil mata kuliah ulang atau lebih baik mengikuti SUO saja ?

    Terimakasih

    1. TAP dan karil nanti ada bimbingan juga di Tuton, untuk bimbingan TM itu bisa pengajuan ke pihak upbjj dengan syarat minimal 20 orang peserta untuk mengadakan MK tatap muka… untuk nilai C- sebetulnya tidak usah di perbaiki… kalau pun di ambil perbaikan, sesuaikan saja dengan kemampuan dan waktu yang di miliki

      1. Izin bertanya kak, saya sudah lulus semua mata kuliah pendukung, sks 106 dan ip 2.91 tapi satu matkul tersebut C- apakah itu mengganggu untuk terjaring TAP atau hanya karena sks saya kurang kak??

          1. Untuk mata kuliah pendukung nilai saya tidak ada yang E kak, tapi di luar mata kuliah pendukung memang saya ada E kak, jadi tidak boleh ada nilai E dan jumlah sks terpenuhi dulu baru bisa terjaring TAP kak??

  36. Izin bertanya kak, saya sudah lulus semua mata kuliah pendukung, sks 106 dan ip 2.91 tapi satu matkul tersebut C- apakah itu mengganggu untuk terjaring TAP atau hanya karena sks saya kurang kak??

  37. kak saya bingung, ipk saya cuma 1.8 sedangkan saya sdh smt 8. tapi kemarin saya registrasi kok disuruh ambil TAP ya? terus saya disuruh ambil matkul yang mau diulang. apa bisa kak seperti itu?

  38. hai kak, saya mau beratanya saya mahasiswa sipas non pendas saya adalah mahasiswa alih kredit, pas daftar langsung masuk ke semester 5. dan skarang saya semester 8. untuk mengetahui alih kredit kita di terima dan cara cari mata kuliah TAP bagaimana ya? saya sudah registerasi mata kuliah biasa.

      1. Hello kak selamat sore saya mahasiswa Fkip pkn
        Saya selama ini ikut TMK untuk kerja tugas
        Semester ini saya mau tap
        Apakah tap harus ikut tuton atau tidak
        Mohon pencerahan terima kasih

  39. Hallo kak, maaf mau bertanya
    Saya semester 7 Sipas, sudah lulus 107 SKS, tapi masih belum terjaring TAP, sedangkan banyak dari teman sasing yg lulus dengan SKS yang sama, tapi sudah terjaring TAP, hal ini bagaimana ya kak??

  40. selamat pagi.. mau tanya utk semester ini TAP ada bimbingan TTM apa tidak ya pak/bu?
    untuk bimbingan Karil sudah otomatis saat kita registrasi ikut tuton atau ada pendaftaran sndiri?

  41. Assalamualaikum bang mau nanya, kalau kita belum habis ngambil mata kuliah pendukung TAP, ataupun mengambilnya bersamaan dengan TAP apakah bisa mengikuti TAP dan karir?

      1. selamat malam, mau bertanya. untuk melihat nama yg terjaring TAP bisa dilihat dimana ya kak? lalu, apakah bisa jika kita daftar dulu MK sisa di semester ini, kemudian mendaftar TAP secara terpisah? daftar TAP-nya nnti lewat mana kak? lewat SIA atau dtg ke UPBJJ? Terima kasih.

        1. bisa, kita daftarkan dulu MK nya, lalu membauar uang semesternya… setelah itu daftar kembali untuk TAP nya… cek terus secara berkala sambil menunggu penjaringan TAP

  42. Halo kak,
    Sy ambil non sipas, waktu awal daftar sy langsung lompat semester, jd langsung smster 2, nah 6 mata kuliah di smster 1 baru 2 yg sy selesaikan,
    Smntra di smster 7 ada TAP dan karil.
    Kalau jumlah sks yg diwajibkan selesai 110sks, itu terhitung dari smster 1-6 atau 1-7 kak ?,
    Di smster 7 mata kuliah pendamping TAP semua beserta TAP dan karil,
    Apa sy harus menyelesaikan 110 sks dari smster 2-6 plus 4 matkul di smster 1?,
    Atau matkul smpai smster 7 kak ?
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya

  43. Saya sudah menempuh 127 SKS dan mata kuliah pendukung TAP sudah sya penuhi semua, tapi saya belum terjaring di TAP,. Gimana solusinya kak

  44. SG kak,tolong pencerahan saya sudah ajuk TAP n Uda ada LIPnya tapi kenapa tagihan pembayaran nol rupiah ini kenapa ka,mohon pencerahan agar bisa ikut n tidak terjadi kewalahan..trimss

  45. Ka mau nanya,saya semester 7 paket SIPAS,mau ngambil TAP dan KARIL,tapi dia SIA belum muncul untuk registrasi,sedangkan untuk registrasi mata kuliah sudah dan sudah bayar SPP.
    Jumlas SKS yang di tempuh 111 sks dan lulus 108 sks, 3 sks sudah saya registrasikan lagi untuk UJUL,IPK saya juga sudah melebihi 2.00,kendalanya ini belum muncul di SIA untuk TAP dan KARIL gimana ya ka?
    Mohon responnya ka๐Ÿ™

  46. Selamat malam kak.
    Izin kak, Matkul yg belum saya ambil hanya TAP dan Karil. Hari ini saya menghubungi pihak pelma, 20 kali lebih dengan 5 ekstensinya, tetapi nihil kak
    Kira kira ada saran atau solusi tidak ya kak, mengingat hari ini hari terakhir untuk regis matkul kak

  47. Malam, permisi saya mau tanya. Pada saat pengisian link “Registrasi Khusus Kasus TAP dan DS UT” di Kasus Registrasi yang menu pilihannya Status DS dan Belum Terjaring TAP itu maksudnya apa ya? Lalu saat diminta memasukkan mata kuliah ini saya harus memasukkan kode mata kuliah apa yak??

    terimakasih sebelumnya

  48. Selamat malam!
    Saya ingin bertanya. Bila semester 6 ini MK lulus semua dan hanya tersisa 1 MK pendukung TAP dan bila juga saya terjaring TAP bolehkah saya hanya meregistrasikan 1 MK tersebut dan TAP saja?

    Terima kasih

  49. Hallo kak.
    Saya mau tanya.
    Saat ini saya sudah semeter 8, sedangkan ada 2matkul yang nilainya E. Jika saya ngulang 2matkul tsb di semeter berikutnya apakah Bisa mengikuti TAP juga?

    1. Bisa ka, harusnya bisa… caranya registrasikan dulu 2 MK yang nilai E, kemudian registrasi lagi untuk TAP nya… jadi dua kali registrasi

  50. Halo admin saya sekarang berada disemester 5 dan pada halaman admisi sia ut saya tertulis 92 jumlah sks yang diambil dibawahnya tertulis 74 jumlah sks yang lulus. saya ambil paket sipas non ttm mumpung masih semester 5 saya ingin bertanya apakah dengan 92 jumlah sks yang diambil bisa ikut tap dan karil pada semester 7 nanti, mohon penjelasannya Terimakasih

      1. Kan saya ikut sipas non ttm , itu otomatis didaftarkan yaa untuk MK pendukung TAPnya disemster 6 nanti

        1. Saya ingin bertanya apakah program sipas nantinya mengambil atau mendaftarkan MK pendukung tap pada semester 6 secara otomatis atau kita registrasi manual ?

  51. Hallo kak. Saya mahasiswa ut pbjj denpasar semester 8. Saya tidak bisa mengambil mata kuliah karil. Karena ada mata kuliah yang nilainya kurang. Apa bisa di berika solusinya agar bisa di tempuh di semester 8 . Mohon solusinya

    1. Karil otomatis teregistrasi jika mengambil TAP ka, untuk TAP menunggu penjaringan dari pihat UT pusat… biasanya untuk registrasi TAP memang agak lambat karena menunggu penjaringan ini

  52. MOHON IJIN BERTANYA
    kalau ingin mendaftar karir tapi tidak bisa apa yang menyebabkan mohon konfirmasinya agar saya bisa mendaftar dan bisa mengaplod atau menggugah karil terima kasih sebelumnya saya sertakan no WA 08311****747 agar mempermudah komunikasi

  53. Kak izin tanya
    Bagaimana cara daftar TAP dan Karil ya?
    Saya cek di sia tidak ada pendaftarannya
    Saya sudah selesai semester 8 tapi belum ambil TAP dan Karil
    Syarat yang lain pun sudah terpenuhi

    1. Karil sudah bisa didaftarkan sekarang, untuk TAP menunggu proses penjaringan dari pihat Universitas Terbuka…

      Biasanya 3-4 hari setelah nilai keluar baru bisa daftar TAP

  54. Hai kak
    Aku skrng smt 9
    Sempat cuti di smt 5
    Nah smt 8 kmarin, aku udh lolos karil
    Tpi SKS ku masih 97,nunggu pengumuman nilai ujian smt 8
    Kira” Nanti terjaring TAP gk ya?
    Soalnya smt 8 sudah terjaring karil, dan sudah LL alias lolos

  55. Salam Pak.

    Saya ini mahasiswa Ilmu Komunikasi di UT (*non-SIPAS*) yang sebentar lagi memasuki semester ke-8.

    Jadi, hingga semester ke-7 kemarin, dari total 145 SKS, anggaplah saya sudah menyelesaikan dan lulus 141 SKS. Artinya, masih tersisa 4 SKS, yang mana adalah TAP.

    Pertanyaan saya, apakah bisa, untuk semester 8 nanti saya hanya meregistrasikan Karya Ilmiah dan TAP?

    Kalau memang bisa, apakah pendaftaran Karya Ilmiah dan TAP tersebut dilakukan di situs web “admisi.sia.ut.ac.id”, pada bagian yang sama dengan bagian pendaftaran mata kuliah pada umumnya?

    Terima kasih banyak ๐Ÿ™๐Ÿ™‚

    Salam.

    1. Betul untuk registrasi TAP dan Karil di halaman yang sama dengan registrasi MK lainya, untuk Karil sudah bisa mendaftar (saya sudah coba sendiri) untuk TAP masih harus menunggu penjaringan dari pusat

  56. Kak saya kan mahasiswa sipas nih, secara otomatis tap dan karil bisa d ambil pas smester 7. Nilai sudah keluar, tpi jumlah sks yg d tempuh hanya 107. Itu bagaimana ya kak? Apa bisa terjaring tap?

  57. hallo kak izin bertanya saya dari UPBJJ SAMARINDA. saat ini saya sudah menyelesaikan 8 semester jumlah sks yang saya ambil 156 dan yang lulus 98 nah dari semester awal sampai akhir saya mengulang atau mengambil nilai matkul yang error karena diberi tahu dospem harus perbaiki nilai dlu baru bisa ambil TAP DAN karya ilmiah. nah saya bingung apakah di perbaikan nilai ini tidak bisa diambil semuanya atau merangkum tap dan karil biar cepat selesai. terimakasih semoga lekas dibalas

  58. Halo kak,
    Saya sipas non ttm semester 7, kemarin sy ke upbjj dan mencoba regis matkul tetapi matkul TAP dan karil belum muncul sehingga billing LIP nya masih 4 mata kuliah tanpa ada TAP. Saya belum membayarnya karena ingin menunggu TAP..Bagaimana cara membatalkan billing tersebut ya kak? Ataukah sy tetap bayar billing tsb dan nanti TAP nya bisa regis menyusul? Mohon info nya

  59. kak mau nanyak saya kan ada nilai E tpi bukan matkul pendukung TAP, itu bisa gak ya terjaring TAP. Saya uda registasi matakuliah ualngnya juga kak itu gimana kak, apakah saya drop?

  60. Kak, mau nanya. Saya kan mahasiswa non sipas. Saya mendaftarkan pakai ijazah polri, sehingga ada 5 matkul yg dibebaskan (tidak mengikuti matkul tsb). Skrg jumlah SKS yang lulus ada 107. Sementara SKS nya itu tinggal 22 lagi (sudah sama TAP dan karya ilmiah). Tapi saya sekarang belum bisa mengambil TAP pas saya registrasi matkul, kalo karya ilmiah bisa. Sementara teman saya ada 108 SKS yg lulus sudah bisa mengambil TAP. Mohon pencerahannya kak

  61. Kak izin bertanya jika di semester 7 nya belum unggah karil apakah di semeter 8 bisa diunggah kembali ? Dan apakah sudah otomatis terjaring atau saya harus registrasi ? Bagaimana jika registrasi sudah lewat hari ?

    Terima Kasih kak ๐Ÿ™๐Ÿ™

      1. Aduh berarti tidak sepaket lagi karil dan TAP nya,pantes karil muncul di e-learning tapi TAP tidak muncul..
        Bagaimana kita tahu kita sudah terjaring TAP atau belum adakah cara mengecek nya sendiri.

  62. Kak ijin bertanya ๐Ÿ™
    Sekarang sya smter 7 ilmu Perpustakaan saat sya melakukan registrasi karil tapi yang muncul Nim belum terdaftar dikaril sedangkan NC smter ada program karil sama tap
    Mohon solusinya kak
    Trima kasih ๐Ÿ™๐Ÿ™

  63. Kak izin bertanya untuk unggah karil kan harus registrasi dulu, nah ketika saya mau regist unggah karil selalu tidak bisa karena nim saya tidak terdaftar katanya padahal dibilling sudah tertera dan sudah dibayar. Sudah nanya ke hallo ut blm ada respon sedangkan batas unggah karil sebentar lagi boleh

      1. Kak mau nanya ini saya kan sudah semester 8 tpi blm juga ikut TAP dan Karil. Pada untuk persyaratannya sudah terpenuh semua, Angkatan saya pun sudah pada ikut karil dan TAP. Mohon bantuannya kak, biar saya dapat mengikuti karil dan TAP secepatnya. Terimakasih

  64. Kak, izin bertanya saya non sipas dan di admisi sia ut saya Semester 8, saya alih kredit tapi hanya 12 sks yg di acc sehingga banyak mata kuliah yang saya ambil ulang. di admisi sia ut jumlah SKS Lulus = 72 sks (termasuk 12 SKS alih kredit), total SKS yang diambil sampai semester ini = 81 SKS. IPK alhamdulillah diatas 3. Pertanyaan saya, apakah saya bisa mengambil mata kuliah selanjutnya sampai saya menyelesaikan pendidikan di UT? atau di DO kak? karena semester depan saya baru mau mengambil mata kuliah pendukung TAP nya. Mohon pencerahannya kak. Terima kasih.

  65. Izin bertanya kak, saya non sipas dan sudah alih kredit tetapi hanya 12 sks yang di acc. di Admisi SIA saya tercatat semester 8 dan SKS yang lulus 72 SKS (termasuk 12 SKS alih kredit), SKS yang ditempuh jumlah 81 SKS. Cuti 2 semester karena melahirkan dan mengurus anak, dan masih banyak jumlah SKS yang belum saya ambil karena banyak yang mengulang. Pertanyaan saya :
    1. Apakah saya masih bisa meregister mata kuliah yang belum saya ambil sampai dengan selesai? dan kalau case nya seperti ini kemungkinan bisa di DO dari UT ga ya kak?
    2. Untuk melihat sudah terjaring atau belum TAP nya di website apa ya kak?
    Mohon pencerahannya ya kak, terima kasih kak.

  66. Mohon ijin bertanya kakak,,, saya mahasiswa ilmu pemerintahan semester 7 dan mau semester 8,,, ketika nilai keluar kemarin, TAP sudah keluar nilainya dan alhamdulillah dapat nilai A, akan tetapi, untuk Karil ada keterangan Tidak Lulus,,, apakah harus mengulang Karilnya atau tidak ya? Dan ketika tidak mengulang, apakah nanti akan berpengaruh terhadap proses kelulusan atau di ijazahnya?

  67. mohon bertanya TAP lulus, Namun Karil keterangan Tidak Lulus status semua mata kuliah LULUS
    apakah tetap mengulang Karil dengan cara mengontrak mata kuliah KARIL atau akan terjaring proses kelululusan nya
    mohon infornya terima kasih

  68. Hai Kak, aku mahasiswi non sipas masuk ke smstr 7. Aku mau tanya kak, jadi aku mau registrasi tap dan karil sudah aku tambahkan untuk kedua matkul tersebut tapi ketika ingin melakulan registrasi muncul keterangan 1. Registrasi Gagal dan 2. Anda belum bisa memilih karil, silahkan mengambil TAP atau PKP terlebih dahulu (hapus matkul karil dari list tersebut). Yang jadi pertanyaan saya apakah jika sudah registrasi TAP untuk Karil akan otomatis terdaftar atau karil baru bisa saya ambil di semester berikutnya. Mohon informasinya kak. Terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. Maaf atas keterlambatan membalas pesannya… sepertinya aturan untuk semester ini terjadi perubahan… untuk karil otomati terdaftar bersamaan dengan TAP…

  69. Halo kk izin tanya, apakah ujian TAP ada ujian susulannya? Ada mis komunikasi antara admin upbjj dan saya. Jd ada update info dr admin kl ujian tap diundur (sy sdh cetak ktpu & tahu jdwalnya) kemudian saya mengikuti info tsb. Tp ternyata ujian TAP tetap sesuai yg sdh tercetak di ktpu & sy terlanjur tidak mengikuti ujianya.. ๐Ÿ˜“apakah ada pengalaman mengenai itu? Mohon dibantu informasi ya kk.. thx

    1. Saya sendiri tidak punya pengalam seperti itu, tp kemungkinan mau tidak mau harus mengulang semester depan… dari info yang saya punya TAP susulan baru sekali di adakan pada tahun 2021… setelah itu tidak ada lagi TAP susulan

  70. Hallo ka, saya mahasiswa non sipas dengan SKS 120 nah, skrngg sudah semester 8 tahap ujian, tapi saya masih bingung bagaimana bisa ikut TAP dan karil nya bagaimana. Terimakasih..

  71. Halo kak, saya mahasiswa sipas semester 6 dari alih kredit yang sedang menunggu ujian. sembari menunggu ujian saya meregistrasikan diri untuk semester 7 berdasarkan Elkam seharusnya semester 7 ada TAP dan Karil namun ketika saya registrasi tidak muncul matkul tersebut akhirnya saya lanjut proses registrasi sampai selesai pembayaran. apakah nanti saya bisa meregistrasikan lagi TAP dan karil tersebut pada semester ini atau harus terpaksa registrasi untuk semester 8?

  72. Kak mau nanya ini saya kan sudah semester 8 tpi blm juga ikut TAP dan Karil. Pada untuk persyaratannya sudah terpenuh semua, Angkatan saya pun sudah pada ikut karil dan TAP. Mohon bantuannya kak, biar saya dapat mengikuti karil dan TAP secepatnya. Terimakasih

  73. kak kenapa saya tidak bisa mengikuti TAP dan Karil? padahal sekarang sudah semester 8 dan sks 122

  74. Kak, mohon maaf saya ingin bertanya, saya mahasiswi RPL sipas non TTM yang saat ini akan menempuh semester 7. Saya ingin berkonsultasi terkain registrasi matkul.

    Jadi, di LKAM semester 7 kan ada 7 matkul tapi di sistem saya hanya ada 5 matkul. 2 matkul yang tidak ada di sistem saya adalah matkul PAT dan Karya Ilmiah. Sedangkan kondisi saya saat ini sudah melunasi SPP tapi belum registrasi 2 matkul tersebut. Jadi bagaimana ya untuk 2 matkul yang seharusnya saya tempuh semester 7 ini?

    1. harusnya tidak ada masalah, untuk MK yg belum keluar cek secara berkala… jika sudah ada dan bisa di registrasikan, registrasikan saja tanpa perlu membayar kembali… pengalaman dari rekan2 saya yg ambil SIPAS seperti itu

  75. Siang Pak Whisnu
    Terkait TAP, kami sudah semester 9 berarti persyaratan minimal jumlah SKS sudah terpenuhi. TAP ada yg sudah muncul di Aplikasi/web Sia.ut dan ada yang belum. Teman2 yng belum muncul panik semua, kenapa tidak muncul mata kuliah TAP nya. Mohon pencerahan dan solusinya pak. terimakasih.

    1. Penjaringannya belum selesai pak. itu saja penjelasan yg bisa saya berikan karena memang secara sistem di lakukang secara bertahap. Solusinya bisa melakukan registrasi/cek TAP secara berkala atau tanyakan langsung ke pihak UPBJJ nya atau melalui Hallo UT

  76. Halo, saya sudah mengambil 117 sks dan sudah mengambil semua mata kuliah pendukung TAP, akan tetapi malah keterangannya belum bisa mengambil TAP. Tanya ke admin malah dibilang suruh cek lagi syarat TAP dan dibilang itu kayaknya banyak yang belum lulus deh, makanya ga bisa ambil. Ini kemana saya harus mengadu coba kalau di luar negeri? tanya admin jawabannya begitu. FYI saya mahasiswa non sipas

    1. 117 itu yg di ambil atau sudah lulus, kalau 117 sudah lulus sekarang ka tinggal menunggu saja terjaring TAP, karena memang proses penjaringannya bertahap…

  77. Ijin bertanya ka saya sudah bisa melakukan registrasi TAP tapi kalo di masukin karil malah harus ambil TAP dulu di keteranganya itu gimana ya?
    Saya ambil non sipas kata admin nya di regist aja nanti masuk ke bilinknya untuk karilnya
    Untuk si ceklis reg tuton di KARIL itu gimana ya soalnya tiap regist KARIL harus ambil TAP terlebih dahulu
    Mohon solusinya terimakasih

  78. Izin bertanya Pak Whisnu, saya mau tanya perihal TAP yg tidak muncul di nomor billing namun di aplikasi sia ut ada tercantum tapi saya sudah terlanjur bayar duluan tanpa adanya tercantum TAP tersebut dalam no billing. Kebetulan saya SIPAS di Semester 3 penyetaraan, IPK terakhir 3,95, semua MK pendukung TAP lulus semua termasuk Karil. Apakah TAP saya sudah otomatis tercantum di pusat walaupun di nomor billingnya tidak ada.

  79. Selamat malam pak
    Saya mau bertanya
    Saya sudah semester 7 mau registrasi tap tapi belum bisa karena masih menunggu penjaringan sedangkan batas waktu registrasinya tinggal beberapa hari saja itu gimana ya pak
    Apakah registrasi tap bisa menyusul atau harus samaยฒ di registrasikan dengan makul lainnya?
    Mohon penjelasannya ๐Ÿ™๐Ÿผ

    1. registrasi dulu sekarang untuk mapel yg sudah bisa di registrasi… cek secara berkalau untuk registrasi TAP dan Karil nya kalau sudah terjaring… jadi untuk semester ini registrasi nya dua kali

  80. Hallo kak saya sudah memenuhi semua persyaratan tapi saat regist muncul warning kalo belum bisa ambil tap gimana ya solusinya? Pdhl udh 123sks ipk diatas 3,

  81. saya masuk semester 8 jumlah SKS yg lulus 109 dan MK pendukung sudah lulus smua, apakah bisa terjaring di smt 8 ini atau malah di semester 9 wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *