Cara Cek Turnitin No Repository

Mahasiswa UT, Cara Cek Turnitin No Repository – Turnitin adalah istilah yang tidak terpisah dalam dunia penulisan karya ilmiah. Sebagai plagiarism checker terbaik saat ini, similiarity index dari Turnitin di gunakan sebagai standar kelulusan yang harus dipenuhi.

Mengenal Turnitin sebagai Plagiarism Checker

Mengutip halaman Monash University, Turnitin adalah aplikasi similiarity checker  berbasis web yang memeriksa suatu karya tulis terhadap teks elektronik di internet. Teks elektronik ini terdiri atas artikel jurnal, buku, dan tugas-tugas sebelumnya yang telah di unggah ke database Turnitin untuk tujuan yang sama.

—Baca juga: 13 Situs Tempat Mencari Referensi Skripsi

Bila nilai similiarity index yang keluar tinggi maka pihak kampus / univeristas akan menyatakan bahwa karya tulis tersebut tidak lolos plagiasi. Perlu dicatat bahwa standar nilai similiarity index yang dapat di terima berbeda dari satu kampus dengan kampusnya. Adapun nilai similiarity index yang di terima biasanya berada di angka 20% hingga 30%.

Baca juga: Cara Menurunkan Plagiasi Karil UT

Fungsi Turnitin

Mengutip dari laman Queen Mary University of London, Turnitin secara umum berfungsi sebagai sebuah sistem pemeriksaan plagiarisme berbasis web yang digunakan oleh berbagai universitas. Adapun 4 fungsi utama Turnitin adalah sebagai berikut:

  • Mencegah plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah/tulis
  • Membantu mengidentifikasi terjadinya plagiarisme
  • Memberikan mahasiswa atau peneliti identifikasi terkait terjadinya plagiarisme dan menunjukan poin-poin tulisan yang perlu diperbaiki untuk mencegah  plagiarisme
  • Meningkatkan kualitas karya tulis, karya ilmiah, atau tulisan akademis dalam ekosistem pendidikan tinggi
Baca juga:   Apakah Kita adalah Agen -Agen Pelestari Rape Culture?

 

 

Cara Parafrase dan Cek Turnitin

 

Cek Turnitin No Repository

Turnitin dapat diakses melalui tiga jenis akun yaitu administrator, instruktur dan student. Terutama bagi pengguna akun instruktur (dosen/ petugas cek turnitin fakultas, prodi dan petugas cek turnitin di perpustakaan) sebaiknya mengetahui cara cek turnitin no repository.

Cek Turnitin No Repository ini dilakukan pada pemeriksaan karya ilmiah yang berstatus draf, bukan hasil akhir. Bila assignment setting tidak menggunakan “no repository” maka pada pengecekan selanjutnya akan ditemukan duplikasi terhadap manuscript (draf) sebelumnya.

Tujuan penggunaan “no repository” agar draf ini tidak di masukan ke database turnitin sebagai pembanding bila nantinya kita melakukan pemeriksaan pada hasil final tulisan kita. Hal inilah yang biasanya membuat karya ilmiah memliki similarity index diatas 90%.

 

Cara Cek Turnitin No Repository

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan merubah sistem turnitin menjadi No Repository, Cara setting akun turnitin ke sistem No-Repository adalah :

Read more... / Baca selengkapnya...

Jasa Parafrase untuk Menurunkan Similiarity Index Turnitin

Bagi para civitas akademik yang kesulitan menurunkan nilai Similiarity Index dan sudah dikejar deadline, saya menyarankan menggunakan jasa parafrase yang di sediakan oleh Khairpedia.

Selain jasa parafrase, Khairpedia juga menyediakan jasa cek Turnitin, juga jasa traslate serta proofreading Jurnal Scopus.

Bila anda tertarik menggunakan Jasa Kharpedia silahkan kontak melalui nomer WhatsApp di 0821-3608-1847

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *