Cara Cek Kelulusan dan Nomor SK Yudisium Mahasiswa UT melalui AKSI UT

Mahasiswa UT, Cara Cek Kelulusan dan Nomor SK Yudisium Mahasiswa UT melalui AKSI UT – Pertama yang ingin saya sampaikan adalah selamat telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Terbuka.

Setelah ini kalian pasti bingungkan?

Setelah seluruh SKS di ambil dan lulus, tahu kita lulus dari mana sih?

Yuk mari sama-sama kita simak di sini, apa-apa saja yang harus kita lakukan.

Cara Cek Kelulusan dan Nomor SK Yudisium Mahasiswa UT

  1. Pertama, seetelah kalian menerima nilai di semester terakhir juga setelah cek LKAM semua Mata kuliah lulus, langsung cek jadwal kelulusan terdekat di kalender pendidikan UT di halaman https://www.ut.ac.id/kalender-akademik/, sesuai keterangan di kalender kita tahu nih jadwal kelulusan/yudisium adalah tanggal 21 April 2021
  2. Langkah kedua pantengin website Kelulusan/Yudisium di aksi.ut.ac.id, kita bisa cek status kelulusan, status foto, dan status ijazah jika kita sudah dinyatakan lulussudah dinyatakan LULUS
  3. Langkah selanjutnya download form pengumpulan foto untuk ijazah dan serahkan ke  masing-masing UPBJJ asal kalian (Syarat Foto biasa hitam putih dengan pakaian rapih formal)
  4. Terakhir cek secara berkala untuk mengtahaui posisi ijazah di aksi.ut.ac.id (disana tertera detail posisi ijazah dari proses pengiriman foto, hingga posisi ijazah baik di Pusat maupun sudah di UPBJJ.

Untuk persyaratan wisuda silahkan cek jadwal di masing-masing UPBJJ, karena pada saat pandemi seperti ini UT pusat tidak menyelenggaran Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)  secara langsung.

 

Syarat Kelulusan Universitas Terbuka

Di catut dari laman https://www.ut.ac.id/kelulusan

  1. Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E).
  2. Lulus TAP dengan nilai minimal C.
  3. IPK minimal 2,00 kecuali untuk program S1 PGPAUD IPK minimal 2,25 dan program S1 Sistem Informasi IPK minimal 2,50 (sesuai dengan Surat Edaran Rektor no. 52711/UN31.FAK.4/PP.08.00/2018 tentang pembukaan Prodi S1 Sistem Informasi (SI))..
  4. Nilai minimal B untuk mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) untuk pendidikan keguruan FKIP.
  5. Mahasiswa tidak sedang melakukan registrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas registrasi).
Baca juga:   Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT

 

Catatan Tambahan

  1. Proses dari pengumuman Yudisium hingga Ijazah di terima antara 3 hingga 6 bulan di karenakan proses PIN di DIKTI dilakukan bertahap.
  2. Toga dan kelengkapan Wisuda lainnya, di sediakan gratis mengikuti pendaftaran wisuda di masing-masing UPBJJ.
  3. Bagi yang ingin menjadi bagian dari  Ikatan Alumni (IKA-UT), di persilahkan mendaftar pada saat pengambilan ijazah/toga di UPBJJ masing-masing.

 

Sekian informasi nya semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang sedang menunggu waktu Yudisium/Kelulusan.

11 thoughts on “Cara Cek Kelulusan dan Nomor SK Yudisium Mahasiswa UT melalui AKSI UT

  1. Selamat pagi bapak /ibu ,saya dari tahun 2020 sampai sekarang belum terjaring yudisium ,mohon petunjuk apa masalah dengan saya ,sementara nilai saya sdh keluar semua tanpa nilai E.mohon petunjuk dari UT .

    1. untuk persoalan ini lebih baik konsultasi langsung dengan pihak UPBJJ… Tp sebelumnya cek dahulu status nya di akun admisi, apa data sudah betul atau ada kesalahan data…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *