Beasiswa ASEAN 2022: Kuliah Gratis di Kampus Top Singapura

Mahasiswa UT, Beasiswa ASEAN 2022: Kuliah Gratis di Kampus Top Singapura – Ada banyak beasiswa yang bisa mengantarkanmu kuliah gratis di kampus top Singapura. Salah satunya beasiswa ASEAN atau ASEAN Undergraduate Scholarship.

Beasiswa ASEAN program sarjana ini bermitra dengan sejumlah perguruan tinggi terbaik Singapura. Salah satunya Nanyang Technological University (NTU).

Menurut pemeringkatan global yang dirilis QS World University Rankings 2023, NTU adalah kampus terbaik kedua di Singapura dan menduduki peringkat 19 dunia.

Adapun, beasiswa ASEAN yang ditawarkan oleh NTU ini diperuntukkan bagi warga negara yang masuk dalam negara-negara ASEAN, salah satunya Indonesia.

Komponen ASEAN Undergraduate Scholarship

Melansir situs Admisi NTU, beasiswa ASEAN program sarjana merupakan beasiswa fully funded hingga durasi normal masa studi. Syarat utamanya, mahasiswa harus mempertahankan nilai akademik yang baik dan berperilaku baik. Berikut cakupan beasiswa yang diberikan:

  • Subsidi biaya kuliah penuh (setelah Hibah Pendidikan).
  • Tunjangan hidup sebesar SGD 5,800 per tahun akademik atau sekitar Rp 61,4 juta (kurs Rp 10.591)
  • Tunjangan akomodasi sebesar SGD 3,000 per tahun akademik atau sekitar Rp 31,7 juta
  • Tunjangan komputer satu kali SGD 1.750 atau sekitar Rp 18,5 juta.
  • Tidak ada ikatan yang melekat pada beasiswa ASEAN selain dari ikatan tiga tahun yang berlaku untuk semua PR Singapura dan siswa internasional di bawah Skema Hibah Uang Sekolah MOE.

Ketentuan Penerima ASEAN Scholarship

  1. Tidak sedang menerima beasiswa atau pinjaman universitas lainnya.
  2. Penerima beasiswa wajib berpartisipasi dalam program Community Involvement yang diselenggarakan oleh Kantor Kemahasiswaan.
  3. Pemegang beasiswa harus mempertahankan IPK minimum 3,5 dari skala 5,0. Catatan akademik ini akan ditinjau setiap semester.
  4. Beasiswa dapat diputus sewaktu-waktu jika menurut kampus mahasiswa yang bersangkutan tidak ada kemajuan atau berperilaku tidak memuaskan.
Baca juga:   Beasiswa APERTI BUMN 2022: Kuliah Gratis di Kampus BUMN

Cara Pendaftaran Beasiswa ASEAN 2022

Periode pendaftaran beasiswa bersamaan dengan periode penerimaan mahasiswa di NTU. Jadwal penerimaan dapat dilihat pada laman perguruan tinggi.

Calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dengan mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Di antaranya foto ukuran paspor terbaru dan penilaian dari guru tempat asal sekolah.

Informasi pendaftaran beasiswa ASEAN program sarjana selengkapnya dapat dilihat pada laman NTU atau klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *