Bantu Jawab: Tuliskan ciri-ciri hewan Porifera *

Mahasiswa UT, Pada sesi ini, kami akan membantu siswa untuk memperoleh ilmu baru dari tugas yang di dapatkan dari sekolah pada pertanyaan Tuliskan ciri-ciri hewan Porifera *.

Pertanyaan

Tuliskan ciri-ciri hewan Porifera *

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Tuliskan ciri-ciri hewan Porifera *

Jawaban:

ciri-ciri Porifera tersebut adalah:

1. Hewan multiselular yang paling primitif- Suatu hewan disebut dengan multiselular jika tubuhnya terdiri atas bermacam-macam jaringan atau tersusun lebih dari satu jaringan.

2.Habitatnya berada di perairan laut dangkal- Habitat Porifera pada umumnya berada pada perairan dangkal dengan kedalaman 3,5 meter.

3.Bentuk tubuh porifera seperti vas bunga/ piala di wilayah perairan- meski pun tubuhnya menyerupai piala/ vas bunga di dalam perairan, namun sebenarnya Porifera tidak memiliki bentuk pasti, pada umumnya tubuh Porifera asimetris.

4.Tubuhnya tidak memiliki rongga sejati- Rongga tubuh Porifera tidak sejati, tidak dapat dibedakan seperti mata, hidung, telinga manusia. Sebab organ tubuh porifera bersifat parazoa.

5.Porifera dewasa hidup secara Sesil – Porifera dewasa di perairan hidup secara Sesil atau melekat pada substrak tertentu.

6.Porifera tidak memiliki sistem saraf, pencernaan, ekskresi dan pernapasan – Akibat tidak memiliki organ yang sejati. Porifera tidak memiliki sistem saraf, sistem pencernaan, sistem ekskresi dan sistem pernapasan seperti kebanyakan hewan lain.

7.Memiliki tiga tipe saluran air- Porifera memiliki tiga tipe saluran air yaitu ascon, sycon dan leucon.

8. Tubuhnya terdiri dari dua lapisan sel- sel luarnya tersusun atas sel-sel pinakosit yang berbentuk pipih.

9.Lapisan luar yang terdapat lubang kecil (ostia) yang dihubungkan oleh saluran rongga tubuh.

Baca juga:   Bantu Jawab: Siapa nama kakeknya nabi muhammad saw.

10.Lapisan dalam tersusun oleh lapisan berleher dan berflagel yang berfungsi mencerna makanan, sel tersebut disebut koanosit.

11.Diantara lapisan luar (epidermis) dan lapisan dalam (koanosit) terdapat lapisan tengah berbahan kental yang disebut mesoglea.

12. Di dalam mesoglea terdapat beberapa sel- Sel yang terdapat dalam mesoglea yaitu; amubosit, sklerobas dan arkheosit.

13.Kegunaan sel amubosit dan sklerobas- Sel amubosit berfungsi untuk mengambil makanan yang telah selesai dicerna oleh koanosit. Sel skleroblas berfungsi untuk membentu duri (spongin).

14.Spongin tersusun oleh serabut spongin yang lunak berongga berbentuk seperti spons.

15.Fungsi sel Arkheosit- Sel arkheosit berfungsi untuk bereproduksi seperti membuat tunas dan gamet, serta berperan dalam regenerasi apabila terdapat sel-sel atau jaringan yang rusak.

Bagaimana? Apa kalian sependapat dengan jawaban di atas?

Atau sebaliknya, Kamu memiliki pendapat yang lebih baik? Kalau, kalau seperti itu. Kamu bisa membantu kawan-kawan lainnya dengan memberikan jawabanmu di kolom komentar.

***

Jika Kamu suka dengan artikel ini, kalian bisa cek juga tulisan lainnya yang seperti ini di bagian khusus halaman ini di tautan berikut: Bantu Jawab.

Terimakasih, by bye…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *