Apakah Kuliah di UT Harus Menggunakan Laptop?

Mahasiswa UT, Apakah Kuliah di UT Harus Menggunakan Laptop? – Pertanyaan ini tentu banyak menjadi pertanyaan dari calon mahasiswa UT. Apa lagi yang mendengar kegiatan belajar UT banyak di lakukan secara online, baik melalui Tuton maupun TMK.

Di sini saya akan membahasnya, berdasarkan pengalaman saya selama berkuliaih di Universitas Terbuka.

Apakah Kuliah di UT Harus Menggunakan Laptop?

Sebenarnya jawabanya sangat klise, bisa ya dan tidak. Tergantung dari masing-masing kebiasaan kita.

Tapi saya pribadi menyarankan untuk mempunyai Laptop. Tidak perlu dengan spek mewah dan terbaru. Selama laptop tersebut bisa membuka internet, dan terinstal aplikasi Office terutama Power Point dan Words maka kita sudah dapat menggunakan laptop tersebut untuk berkuliah di UT.

Alasanya karena kita akan banyak mengetik untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Kita mungkin bisa mengerjakan melalui smartphone atau HP Android tapi tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Selain itu banyak tugas atau ujian THE yang harus di kumpulkan dalam format PDF, sehingga akan sulit di buat jika kita hanya bertugas menggunakan Android. Kita tetap bisa mengerjakannya di kertas HVS atau Folio lalu memfoto kertas tersebut kemudian menconverse menjadi PDF, tapi dalam beberapa kasus jawaban yang di unggah tidak terbaca dan mau tidak mau kita harus mengulang mata kuliah karena mendapat nilai E.

Jadi bukan menjadi suatu keharusan, tapi mempunyai Laptop untuk berkuliah di Universtas Terbuka adalah suatu kepraktisan. Terutama jika kita mengambil jurusan pendidikan, maka kita akan banyak tugas seperti membuat RPP, Persentasi untuk bahan ajar, Laporan-laporan PKP dan lainnya.

Baca juga:   Registrasi Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka

—Baca juga: Bisa Cum Laude di UT? Berikut Predikat Kelulusan Universitas Terbuka

Kesimpulan

Jadi seperti yang saya sampaikan diatas, mempunyai laptop ketika kuliah di UT bukan suatu kewajiban, tapi untuk sebuah kepraktisan. Kita tentu masih bisa membuka dan mengerjakan tugas yang di berikan menggunakan HP tapi tentu akan terasa ribet.

Laptop yang kita gunakan pun tidak perlu laptop generasi terbaru dengan spek mewah, cukup laptop Celleron atau Chromebook bisa kita manfaatkan.

 

 

One thought on “Apakah Kuliah di UT Harus Menggunakan Laptop?

  1. Bener banget, kuliah di ut bisa iya bisa juga engga. Menurutku tergantung kebiasaan kita masing-masing.
    Tapi aku pribadi merekomendasikan untuk memiliki laptop. Ga perlu mewah atau spesifik tertentu yang terpenting laptop tersebut mempunyai akses internet dan terinstal aplikasi Office khususnya Power Point dan Words. Itu aja sih kalau menurutku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *