Apa itu TAP dan Karil di Perkuliahan UT?

Mahasiswa UT – Berbeda dengan sistem Perkuliahan pada umumnya dimana untuk lulus harus menyelesaikan Skripsi dan Sidang Skripsi. Perkuliahan di Univesitas Terbuka hanya meminta mahasiswanya untuk membuat Karil dan mengikuti ujian TAP. Untuk mengikuti TAP & karil ini ada persyaratan administratif dan akademis yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Jadi, Apa itu TAP dan Karil di Perkuliahan UT? Persyartannya apa dan prosesnya bagaimana?

Apa itu Karil di Perkuliahan UT

Karil di perkuliahan UT sebenarnya sama saja dengan pembuatan karya ilmiah pada umumnya, terdapat beberapa persyaratan yang harus di penuhi agar Karil kita di akui  dan dinyatakan lulus. Karena jika Karil yang kita buat tidak memenuhi standar dan tercap plagiasi maka hampir di pastikan bahwa Karil kita tidak lulus dan wajib mengulang semester berikutnya atau malah menambah semester.

Baca juga: Cara Menurunkan Plagiasi Karil UT

Jadi langkah pertamanya yaitu membuat karil, kalian bisa cek persyaratan serta panduannya disini. Panduan yang ada cukup jelas, jadi kalau kalian mengikutinya dengan baik maka tidak ada kendala besar dalam pembuatan karil ini. Dasarnya adalah karya ilmiah yang baik adalah karil yang tidak plagiat hal ini di buktikan dengan cara kita mengupload karil yang sudah kita buat kedalam fitur turnitin yang telah di sediakan oleh Universitas Terbuka.

Selain itu nantinya kita akan mendapat bimbingan melalui tuton tentang pembuatan karil ini dan akan ada pembimbing yang melakukan bimbingan secara daring, mulai dari penentuan judul/tema karil, pencarian referensi, melakukan parafrase, hingga ketahap penyusunan karil. Jadi pastikan kalian aktif mengikuti proses bimbingan tersebut.

— Baca juga: Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT

Saran ketika membuat karil adalah dengan melihak lingkungan sekitar, entah lingkungan kita tinggal atau lingkungan kerja kita agar kita dapat membuat suatu karya yang original dan bermanfaat. Seperti yang saya lakukan berikut ini. Saya bekerja di lembaga Pendidikan Kesetaraan, maka saya membuat penelitian tentang penggunaan aplikasi belajar untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa yang sudah bekerja.

Baca juga:   SALUT Bone Sosialisasikan Kuliah di Universitas Terbuka Bagi Aparatur Desa

TAP

TAP adalah singkatan dari Tugas Akhir Program ujian tulis yang di selenggarakan secara offline di tempat yang telah di tentukan oleh UPBJJ. Kita dapat mengambil TAP UT jika sudah memenuji syarat, seperti sudah menyelesaikan 100 – 125 SKS.  Sebelum mengikuti ujian TAP ini, kita akan mendapat proses bimbingan di tuton seperti perkuliahan lainnya, yaitu terdiri atas delapan sesi.

Kita harus mengikuti sebaiknya tuton ini karena dalam prosesnya dosen pembimbing membagikan kisi-kisi dan tugas untuk soal TAP nantinya. Selama saya mengikuti Tuton ini saya mencatat materi yang keluar tiap sesinya untuk mengetahui materi apa saja yang harus di dalami  untuk mengerjakan soal TAP nantinya.

Adapun catatan saya adalah sebagai berikut:

TAP adalah

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, TAP ini diselenggarakan secara offline. Nantinya kita akan mendapatkan kartu peserta TAP yang berisi user dan akun untuk login, karena soal TAP di buka melalui komputer. Sedangkan kita mengerjakan di kertas Lembar Jawaban yang di bagikan.

Nantinya Lembar Jawaban tersebut harus di tanda tangani pengawas sebagai bukti bahwa kita mengerjakan soal TAP secara jujur.

TAP ini memiliki sifat tersendiri untuk tiap jurusannya, ada TAP yang open book, close book, bisa membuka Kamus dan bisa menggunakan Kalkulator. Jika kita tidak tahu kita ujian open book atau close book nantinya akan ada pemberitahuan soal ini ketika kita berada di halaman soal TAP.

TAP sendiri terdiri atas soal studi kasus berbentuk uraian. Soal yang saya kerjakan berisi tentang seorang yang bekerja di lembaga pendidikan lalu di minta menyelesaikan permsalahan yang nantinya di temui di lembaga pendidikan tersebut. Seperti, evaluasi program berjalan, persiapan program baru, mempersiapkan bahan ajar dan lainya.

Waktu pengerjaan TAP sendiri sangat panjang, sekitar 3 jam. dengan waktu yang panjang ini harusnya kita dapat mengerjakan soal dengan baik dan masih mempunyai waktu untuk mengkoreksinya.

Kunci mengerjakan soal TAP sendiri adalah memahami program studi kita. Jurusan kita tentang apa, kompetensi yang di harapkan dari lulusannya apa dan sebagainya. Jika kita memahami semua itu, maka soal TAP bisa kita selesaikan dengan mudah. Karena soal TAP ini dibuat utuk mengetahui kemampuan problem solving mahasiswa, bukan ujian hapalan.

Baca juga:   Pasca-Sarjana Universitas Terbuka Gelar Workshop Pengembangan Bahan Ajar

Sifat Ujian TAP

Sifat ujian TAP dapat bersifat buka buku atau tutup buku, sebagaimana tertulis pada sampul ujian. Dan untuk setiap jurusan punya ketentuan masing-masing, jadi kalian harus cek sama fakultas masing-masing. Karena saya mabil S1 Ilmu Komunikasi, maka TAP nya harus tutup buku.

Daftar Sifat Ujian TAP
NO KODE MTK Sifat Ujian
1 ADB14500 Buka Buku
2 ADPG4500 Buka Buku
3 ADPU4500 Buka Buku
4 ASIP4500 Buka Buku
5 BING4500 Tutup Buku
6 BIOL4500 Buka Buku
7 EKAP4500 Buka Buku
8 EKMA4500 Buka Buku
9 EKM14500 Buka Buku
10 EKSA4500 Buka Buku
11 EKS14500 Buka Buku
12 EPPS4500 Buka Buku
13 ESPA4500 Buka Buku
14 HKUM4500 Buka Buku
15 IPEM4500 Buka Buku
16 LUHT4500 Buka Buku
17 MATA4500 Buka Buku
18 MSlM4500 Tutup Buku
19 PANG4500 Buka Buku
20 PAUD4500 Tutup Buku
21 PBlN4500 Tutup Buku
22 PBlS4500 Tutup Buku
23 PDGK4500 Tutup Buku
24 PEB14500 Tutup Buku
25 PEF14500 Tutup Buku
26 PEK14500 Tutup Buku
27 PEMA4500 Tutup Buku
28 PKN14500 Tutup Buku
29 PKOP4500 Tutup Buku
30 PUST4500 Buka Buku
31 PWKL4500 Tutup Buku
32 SATS4500 Buka Buku
33 SKOM4500 Tutup Buku
34 SOS14500 Buka Buku
35 TPEN4500 Tutup Buku

Data ini berdasarkan data semester 2022.2, untuk pastinya bisa dilihat di komputer ketika kita akan login mengerjakan ujian TAP

Untuk yang sudah meyelesaikan semua mata kuliah, bisa langsung menunggu nama nya di daftar peserta UPI (upacara penyerahan ijazah) yang akan dipajang di web masing-masing UPBJJ UT. Untuk yang masih ada sisa mata kuliah atau masih mau memperbaiki nilai bisa tetap melanjutkan di semester berikutnya.

Semoga dengan artikel ini kalian jadi lebih paham mengenai TAP dan Karil UT! untuk cara daftarnya silahkan baca artikel berikut. “Cara Daftar TAP dan Karil di UT

[/read]

145 thoughts on “Apa itu TAP dan Karil di Perkuliahan UT?

  1. Hallo, Ka.. saya kebetulan mahasiswa UT jurusan Ilmu Komunikasi juga nih, tahun dpn waktunya TAP hehe… Kira² boleh ga ya saya lihat soal² waktu kaka TAP? Untuk pembelajaran saya juga hihii..

    1. maaf ka, saya mahasiswa UT juga tapi jurusannya Tekpen… jadi saya nggk punya contoh soal TAP untuk ilmu komunikasi… kalau misal udah ada saya up di situs ini

      terimakasih

          1. Kak saya mahasiswa UT jurusan administrasi negara kalau misal nya ada 1 MK pendukung TAP yang blm lulus atau belum di registrasi itu kayak mana kak? Mhon penjelasannya

          2. Selamat siang kak. Maaf sebelumnya saya mau bertanya
            Semester ini ada 1 matakuliah yang belum saya ambil
            Dan tadi saya coba untuk registrasi sendiri

            Kenapa TAP bisa saya ambil tapi karilnya tidak bisa ya ?

            Ada nb seperti ini : “Anda belum bisa mengambil karil, silahkan mengambil TAP atau PKP terlebih dahulu”

            Bukankah karil dan TAP harusnya 1 paket yaa ?
            Terimakasih kak. Mohon sarannya

          3. coba cek kembali katalog nya.. soalnya untuk pendas atau pendidikan lain kalau nggk salah untuk karil atruanya agak berbeda… jadi setelah TAP dan PKP baru karil di ambil… mohon koreksi jika saya salah

  2. halo kak, saya mau bertanya, yang nantinya jadi penentu sudah lulus itu tap atau karil ya? jika karil tidak lolos plagiasi namun TAP nya lolos, apakah harus mengulang karil di semester berikutnya?

    1. Baiknya TAP dan Karil lulus, tapi kalau kasus TAP lulus otomatis karil pun lulus… karena dari katalog kurikulim TAP bobot 4 SKS dan karil sendiri 0 SKS…

      Semoga bermanfaat

  3. Bagaimana jika karil lulus plagiasi namun TAP nya tidak lulus kak ? Apakah mengulang TAP di smester depan ? Dan karil nya tidak perlu upload lagi ?

    1. CUkup ikut TAP nya saja, tidak perlu mngerjakan ulang karil…

      Tapi untuk mendapatkan nilai TAP(ulang) yang maksimal, harus buat Karil juga… karena karil memberikan nilai tambahan untuk TAP juga…

      1. Assalamu’alaikum pak.. maaf saya mau tanya, saya Selvi Julianti , jurusan PGSD BI . Saya sudah smster 3 . Di smster 2 karil saya BL , itu kan belum lulus, kt tuton ny mengulang kmbli, bgaimna cara registrasi yg matkul mengulang pak? Sprti karil td..
        Dan di smster 3 ad matkul TAP , sy baca komntar Bpk td klo lulus TAP ,karil Tdk lulus ,otomatis akan lulus nnti nya..

        1. aturanya sudah di update, jadi sekarang TAP dan Karil terpisah masing2 dan karil harus ttp lulus…

          registrasinya tinggal memasukan kode MK karil ketika registrasi mata kuliah… jika mengambil SIPA pilih opsi tambah MK lainnya…

          detail pasti saya tidak tahu, karena saya sudah tidak punya akses ke akun SIA

  4. Malam Kak,
    Bila nilai TAP nya “D” –tetapi total nilai ujian TAP yang di lihat dari elearning itu 90% .. apakah masih lulus atau harus ulang TAP-nya ?
    Terima Kasih

  5. kak untuk TAP dan karil harus di ambil berbarengan di 1 semeter apa bisa terpisah di semester berbeda??

  6. halo kak mohon info,
    apabila jumlah sks sudah terpenuhi tapi ipk masih di bawah 2 ,apakh sdh bisa daftar TAP ya?
    atau perlu mengulang registasi matkul spt biasa sampai ipk menjadi2
    tapi di tiap matkul LL tidak ada nilai E
    jadi hanya kurang TAP dan karil aja

  7. mau tanya, apakah boleh ikut TAP tapi belum semester akhir ? di registrasi TAP statusnya GO atau bisa diambil namun masih ada 3 mata kuliah yang harus diselesaikan disemester depan. tks

  8. Cara mengulang TAP apakah harus regis matkul dulu baru bisa regis ulang untuk TAP nya kak? Kebetulan sy dpt D utk TAPnya. Dan apakah bisa mengulang karil juga?

  9. Kak apa matkul yang lain harus sudah selesai baru boleh ambil TAP & KARIL di semester depan? Atau waktu ambil TAP & KARIL nya bisa barengan ambil matkul yang belum selesai?

  10. Maaf kak mau tanya,,nilai semester 8 kan sudah muncul dan Alhamdulillah nilai PKP sya lulus tp kok karil pendidikan guru sekolahnya punya saya tidak muncul kak,,apakah karil saya lulus ya kak?

  11. Kak mau tanya, jika salah satu matkul pendukung ada nilai E dari 4 matkul pendukung apa masih bisa untuk ambil TAP ? atau harus di ulang dulu itu yang nilai E ?

  12. Kak…
    Saya ga tau kalau ada ujian TAP. Pas cetak KTPU hanya matkul aja.. kiraain gaada ujian TAP nya.
    Dan akhirnya pas pengumuman nilai kmrin hanya keluar nilai matkulnya aja.. nilai TAP nya tidak keluar.. gmna ya ka?

  13. Ka maaf kalo mau ulang TAP saja bagaimana ya sedangkan saat registrasi ulang karilnya kebawa masuk ke daftar billing sedangkan karil nya sudah lulus, kalo karilnya tidak di kerjakan tdk masalahkan krn saya hanya mengulang yg tap nya saja

  14. Halo kak, mau tanya saya baru mulai semester 7 yang mana sudah mulai mempersiapkan TAP dan Karil, kalau matakuliah pendukung TAP salah satunya ada yang E, apakah harus mengulang TAP disemester berikutnya?

  15. kak bagaimana kalau saya sdh registrasi duluan dan bayar spp,karena waktu saya registrasi mata kuliah tAP blm.muncul.,semalem baru ada kak.bagaimana saya menambahkan TAP?
    syarat TAP saya sdh tercukupi semua kak,hanya saja kmrn TAP blm muncul pada saat saya registrasi.
    saya dari masukan sarjana,sipas penuh jurusan pgsd

  16. Kak ijin bertanya.
    Nilai TAP saya A- , akan tetapi karil saya tidak lolos plagiasi. Itu tetap lulus kan kak?
    Tapi di LKAM UMUM saya karilnya ngga ada nilainya atau keterangan kalo tidak lolos, apa itu nggak papa kak? Ngga jadi masalah kan kak?

  17. halo kak, saya mahasiswi SIPAS dan bulan April baru mulai semester 6. TAP dan Karil ditulis dalam bagian Semester 7, jadi apakah ini dikerjakan saat semester 7? atau ini hanya persiapan yang nantinya baru dikerjakan / dikumpulkan saat kita sudah selesai semester 8? karena di bagian semester 8 saya masih ada 5 mata kuliah. terima kasih.

  18. Numpang tanya kak … Saya udah ikut ujian online buat makul yg E. hasilnya UO nya B+ Namun di cek di daftar nilai belum berubah Masi tetap E kak …mhn solusi

  19. Misi kak .. kalau misalkan TAP nya LL nilai B- jurusan Hukum .. tp karil tidak terupload dn di nilai keseluruhan tdak karil tetapi TAP LL . Itu gimana kak ya . Apakah semester dpan nya saya harus ngulang TAP lgi .. atau Hanya karil kak ?

  20. Kak misal nya kita ambil Tap, ketika mau ujian kita tidak bisa datang? Jadi bagaimana kalau kita tidak mengikuti tap namun karil sudah di ungah? Apa kah ada toleransi?

    1. ini tergantung kebijakan UPBJJ masing-masing apakah menyelenggarakan susulan atau tidak, bila tidak harus registrasi ulang TAP nya… tanpa membuat karil baru

    1. Karil bisa diambil di semester berapa saja, selama persaratan akademisnya terpenuhi, seperti:
      IPK terakhri minimal 2.00
      Sudah lulus minimal 110 SKS (untuk semua jurusan khusus program S1)
      Sudah mengambil semua mata kuliah pendukung TAP (bisa diambil sebelum atau bersamaan dengan TAP)

      lebih lengkap bisa dilihat di katalog kurikulum masing-masing jurusan

  21. Asalamulaikum.
    Kak sekarang saya semester 8. Nah kami mengambil MK PKP. Itu gimana juknis nya kak ?? PKP itu dosen yg menilai apa gimana dan gimana dengan karilnya ??

      1. Kak saya bener bener lagi kepirkiran nih, saya mengerjakan tap cuma 3 lembar. Kira kira syaa lulus tidak ya 🥺🥺

  22. halo kak, perkenalkan nama saya clara. kebetulan sekarang saya di akhir semester 3 jurusan ilmu komunikasi. saya berniat untuk menanyakan beberapa hal tentang TAP Ilmu Komunikasi. apakah saya bisa meminta email kakak?

        1. Saya semester 9 jurusa PGPAUD, di jadwal tuton ada karil yg harus di unggah. Sementara di semester 8 saya udh ngambil karil dan upload, sudah lolos plagiasi juga. Karil yg saya buat untuk matkul PKP. Yang saya bingungkan karil untuk matkul apa yg harus saya upload di semester 9 ini ? Jdinya sya tidak menguploadnya. Apakah tidak apa-apa?

  23. Siang kak mau tanya, saya mau masuk semester 7 kalo tap & karil lulus di sem 7 apa harus lanjut reg semester 8 ?

  24. Selamat pagi kak,, izin bertanya. saya sudah selesai mengikuti ujian TAP tapi saya melewatkan upload karil.
    Jika nnti nilai TAP saya Lulus. Apakah saya tetap bisa yudisium kak tanpa mengupload karil. karna mata kuliah saya sudah habis semester ini.
    Terima kasih sebelumnya

  25. Kak saya mau tanya, kemarin nilai karil saya tidak lolos, kebetulan saya semester 8 jurusan PGSD, tetapi nilai mata kuliah semuanya belum keluar, apakah nanti saya mengulang mata kuliah PKP atau mengulang karil nya saja kak?

    1. Saya kurang tahu pastinya untuk PGSD gimana ka, lebih baik tunggu sampai nilai benar2 keluar semua lalu konsultasikan ke pokjar atau UPBJJ-nya

  26. Halo kak, mau tanya.
    Mungkin ada yang tau disini

    Kalau nilai TAP B -.
    Karil nya gak lulus.
    Untuk Karil nya apakah perlu ngulang?

      1. Kak apakah ini benar tap lulus dapat b- yang karil tidak lulus..gausah unggah lagi karilnya.
        Kemarin di pokjarku kok disuruh registrasi lagi bayar 200

  27. Halo ka mau tanya, bisa tolong dijawab ya
    1. TAP itu berapa matkul yg ditest kan? Atau hanya 1x saja dan berisi sekitar 5 soal yg mewakili jurusan msg2?
    2. TAP kan urian, apakan online/dikertas ya ka? Jika online apakah harus mengerjakan ditempat yg sudah ditentukan ya ka?
    3. Apakah TAP open book/open internet ka?

    Sebelumnya terimakasih🙏

    1. 1. TAP satu mata kuliah yang membahas beberapa mata kuliah utama di masing-masing prodi (cek katalog kurikulumnya)
      2. Soal online, lihat di komputer kita tulis di kertas jawabanya
      3. Masing-masing prodi berbeda aturanya… ada yang open book atau tidak, pastikan dulu sebelum pelaksanaanya

    1. Silahkan hubungi upbjj terkait, untuk prosedurnya apakah semester ini ada ujian ulang (ujian saja) atau harus mengulang di semester baru (mengikuti kembali tuton TAP)

  28. Kak saya kan udah lulus tap nya tapi saya tidak unggah karil,karena pas smster kmren di beritahukan tidak apa” jika tidak ikut karil karena tidak termasuk syarat kelulusan,jdi semua IPK saya udah selesai tp semter ini saya masih Regis untuk perbaikan nilai apakah saya masih harus unggah karil.

  29. Kak saya kan TAP dapat B-
    Tapi karil tidak lolos
    Apakah harus mengulang registrasi awal buat unggah karil?
    Soalnya kemarin di pokjar saya saya di suruh registrasi lagi dan ada biayanya.

    Oh iya buat hasil yudisium itu kira” bisa lulus gak kak?
    Kalo karil belom lolos plagiasi
    Di tahun ini?

    Pengumuman 8oktber kayaknya kak

          1. Kak mau tanya email yg di pakek karil sama yg email di pakek sia (yang di data mahasiswa,bukan saat login) harus sama ya kak?

          2. Kak mau tanya email yg di pakek karil sama yg email di pakek sia (yang di data mahasiswa,bukan saat login) harus sama ya kak?

            Terus kemarin LKM umum ku gak ada daftar karil itu gmna ya?

  30. kak mau tanya..
    saya kan udah lulus TAP dan karil tapi masih satu MK belum lulus..
    tapi udh memenuhi syarat untuk lulus..
    jadi gimana ya..
    aku ini udh bisa dapat ijazah apa belum

  31. Ka, kalau tidak ikut Tuton untuk TAP dan KARIL, apakah akan mempengaruhi nilai kelulusan?
    Boleh minta referensi soal-soal latihan Jurusan Sastra Inggris untuk TAP nya ka?
    Untuk KARIL bagi yang lupa isi FORM Kesedian Tuton ttp ada bimbingannya ya ka?

    Makasih ka.

  32. Kaka yg punya blog tolong balas ya komen aku.
    Q smt akhir ini ambil karil dan TAP.
    Cuma TAP tdk muncul karena ktnya ada 1 matkul penunjang yg saat ini msh dlm proses, mksdnya baru Q ambil barengan dg TAP ini.
    Apakah sya pasti masuk penjaringan UT utk ikut TAP atau amit2 ambil 1 smter lg buat TAP?

    1. kalau seperti ini MK penunjang di ambil dan registrasi terlebih dahulu lalu bayar bilingnya… setelah itu, registrasi lg untuk TAP…

      Jadi 2x registrasi nya

    2. Saya juga mempunyai masalah yang sama mbak. Tp saya juga belum tau jawabannya gimana. Nanya pengurusku tp sayangnya pengurusku agak pasif.

  33. Saya juga mempunyai masalah yang sama mbak. Tp saya juga belum tau jawabannya gimana. Nanya pengurusku tp sayangnya pengurusku agak pasif.

  34. Hallo kak aku mahasiswa baru UT, mau nanya buat mastiin hehe, berarti karil sama TAP itu adanya di semester 7/akhir ya kak?

    Terima kasih sebelumnya kak 🙂

  35. Kak, aku semester 7 mata kuliah pendukungnya rampung di semester 7 dan di billing tidak ada keterangan soal TAP setelah cetak KTPU ternyata harus ikut ujian TAP tapi belum buat karil sma sekali karena tidak tau info apapun sejak awal apakah tidak apa-apa ikut ujian TAP tapi belum unggah karil?

    1. Hai kak ayu, gimana kelanjutan hasil akhir permasalahan kak ayu tersebut, aku pada posisi saat ini semester 7, sks sudah tercapai, MK pendukung sdh tercapai, tapi pada waktu registrasi billing kemarin di semester 7 tidak ada TAP dan karil, takutnya entar pas cetak KTPU utk semester 7 kasusnya sama kayak jenengan, ada ujian TAP nya. Mohon info sejelasnya ya kak, supaya aku terbantu buat gambaran dan antisipasi

  36. halo ka. mau nanya kalo ujian TAP itu seperti apa ya? sebelumnya maaf karna saya baru mau daftar kuliah di UT nih, jd masih blm paham tentang ujian TAP itu seperti apa hehe. makasih ka sebelumnya

  37. Kak ijin bertanya syarat lulus karil untuk plagiasi itu brapa persen ya?, nilai karilku 59 dengan plagiasi 36%, apakah itu sudah lulus ya?

  38. Kak ijin bertanya, saya sekarang semester 7 jurusan administrasi bisnis, pada saat semester 5 nilai saya kosong karena tidak mengikuti ujian, pada semester 7 ini saya mau ikut TAP, caranya gimana, trus untuk MK yg semester 5 tadi apakah harus bayar lagi. tks kak

    1. Di komputer nanti ketika ujian ada keteranganya, apakah ujiannya bisa Open Book atau tidak… lalu ada keterangan lain juga seperti bisa buka Kamus dan pakai kalkulator…

      nanti saya update artikel ini untuk keterangan Jurusan apa saja yg open book

  39. kak izin bertanya, saya tidak bisa menghadiri ujian TAP. namun saya sudah upload karil dan tinggal menunggu hasil karil. apakah saya semester berikutnya tetap harus mengerjakan karil? atau boleh hanya mengikuti TAP?

  40. kak saya semester 7 masih ada nilai yang E saya perbaiki dulu baru Ambi TAP atau bisa barengan TAB dan Perbaikan Nilai yang E

    1. Registrasi sekarang untuk memperbaiki nilai E, sambil menunggu terjaring TAP… jadi semester ini registrasi nya dua kali, pastikan masih ada sisa SKS untuk di ambil

  41. mau tanya kak… sya sudah ambil karil di semester 7 dan sudah dinyatakan lulus, danTAP sy ambil di smt 8 dan lulus nilai A… tapi saya cek di LKM TAP sy Lulus tapi karil saya status a BL … apakah sy sudah dianggap Lulus secara keseluruhan.

  42. Hai kak ayu, gimana kelanjutan hasil akhir permasalahan kak ayu tersebut, aku pada posisi saat ini semester 7, sks sudah tercapai, MK pendukung sdh tercapai, tapi pada waktu registrasi billing kemarin di semester 7 tidak ada TAP dan karil, takutnya entar pas cetak KTPU utk semester 7 kasusnya sama kayak jenengan, ada ujian TAP nya. Mohon info sejelasnya ya kak, supaya aku terbantu buat gambaran dan antisipasi

  43. Hai kak saya Bagus izin mau tanya, saya ada beberapa matkul dengan nilai kurang memuaskan dan ingin mengulang, tapi ditawarkan juga untuk ambil TAP, apabila sudah ambil TAP, apa bisa ngulang matkul di semester berikutnya?
    mohon informasinya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *