Apa itu Jurusan Ilmu Hukum?

Mahasiswa UT, Apa itu Jurusan Ilmu Hukum? – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Ilmu Hukum

Pada program studi Ilmu Hukum, para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Tetapi, pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ilmu Hukum

Apabila kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia, maka program studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat. Memang, situasi hukum di Indonesia masih jauh dari ideal. Penyelewengan dan pelanggaran hukum masih sering terjadi.

Meskipun lulusan sarjana hukum sudah banyak, tapi praktek hukum pada dasarnya masih lemah.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Ilmu Hukum cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran PPKN, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum

Prospek kerja bagi lulusan Jurusan Ilmu Hukum sangat luas dan beragam. Ilmu Hukum merupakan disiplin yang mempelajari aturan, sistem hukum, dan penerapannya dalam masyarakat. Berikut ini beberapa prospek kerja yang umum diikuti oleh lulusan Jurusan Ilmu Hukum:

  1. Hakim atau Jaksa: Setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh sistem peradilan negara, lulusan Ilmu Hukum dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk menjadi hakim atau jaksa. Mereka bertanggung jawab dalam menjatuhkan keputusan hukum dan menegakkan hukum di pengadilan.
  2. Notaris: Sebagai seorang notaris, lulusan Ilmu Hukum dapat menawarkan jasa pembuatan akta otentik, seperti akta jual beli, akta perjanjian, akta pendirian perusahaan, dan sebagainya. Notaris juga memastikan keabsahan dan keaslian dokumen-dokumen hukum.
  3. Konsultan Hukum: Banyak perusahaan atau organisasi yang mempekerjakan lulusan Ilmu Hukum sebagai konsultan hukum. Mereka memberikan nasihat dan bantuan hukum kepada klien dalam berbagai masalah hukum yang berkaitan dengan operasional perusahaan atau organisasi tersebut. Seperti misalnya JRJ Law Office yang merupakan salah satu lembaga Advokat Jogja.
  4. Peneliti atau Dosen: Lulusan Ilmu Hukum juga dapat memilih karir di bidang akademik sebagai peneliti atau dosen. Mereka melakukan penelitian hukum, mengajar, dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu hukum.
Baca juga:   Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Ilmu Hukum. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *