9 Universitas Ini Gunakan Nilai UTBK untuk Ujian Mandiri

Mahasiswa UT – Ujian Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di luar SNMPTN dan SBMPTN. Ini adalah seleksi terakhir dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Beberapa Universitas di bawah ini ternyata gunakan nilai UTBK untuk jalur mandirinya lho. Cocok banget buat kamu yang mau memaksimalkan UTBK nih.

Namun, perlu diperhatikan juga setiap Universitas punya kebijakannya masing-masing untuk jalur masuknya. Ada yang murni pakai UTBK, ada yang ditambah dengan ujian, ada juga yang dikombinasikan dengan nilai rapot.

Biar gak bingung langsung aja yuk simak penjelasannya di bawah!

 

  1. UNY merupakan salah satu kampus berbasis pendidikan. Buat kamu yang berencana daftar ujian mandiri di sini bisa memilih antara menggunakan skor UTBK atau mengerjakan tes lagi.
  2. Tahun ini penilaian jalur mandiri ITB menggunakan skor UTBK, nilai rapot semester 1-6, dan ujian mandiri yang diadakan tersendiri oleh ITB.
  3. Seleksi mandiri Universitas Gadjah Mada atau biasa disebut UTUL (Ujian Tulis) UGM akan menggabungkan antara nilai UTUL dan nilai UTBK.
  4. Jalur mandiri IPB tahun ini dibagi atas dua pilihan yaitu Ujian Tulis Masuk Berbasis Komputer (UTM-BK) IPB atau seleksi mandiri menggunakan nilai utbk. Kamu bebas memilih yang mana saja ya sesuai keinginanmu.
  5. Seleksi Mandiri Unsoed menggunakan nilai UTBK, nilai rapot, sekaligus prestasi siswa untuk kelas regulernya lho! segera siapkan yuk buat kamu camaba salah satu kampus di Purwokerto ini.
  6. SIMAK UI atau Seleksi Masuk Universitas Indonesia adalah nama lain dari ujian mandiri UI. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menggunakan nilai SIMAK, tahun ini UI menggabungkannya dengan skor UTBK.
  7. Kuota penerimaan mahasiswa jalur mandiri ITS adalah sebesar 50 persen dari total daya tampung tiap prodi yang penilaiannya menggunakan nilai UTBK ditambah nilai SKMP-ITS.
  8. SM-UNS bisa diikuti dengan cara menggunakan skor UTBK atau mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan/atau prestasi di bidang nonakademik.
  9. Seperti tahun lalu, tahun ini UNPAD memberi pilihan bagi para peserta ujian mandiri untuk dapat memilih antara mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) atau memilih memakai skor UTBK.

Sumber: Ada UI, 10 Universitas Ini Gunakan Nilai UTBK untuk Ujian Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.