7 Tips Memilih Tempat Bimbel untuk Anak

Mahasiswa UT, – Bimbel atau bimbingan belajar adalah suatu kegiatan menambahkan kegiatan belajar di luar jam sekolah. Orang tua biasanya mendaftarkan anaknya untuk mengikuti bimbel untu membantu anak mencapai perkembangan pendidikan secara optimal, sehingga tidak menghambat perkembangan sang anak.

Banyak orangtua yang masih berpatokan bahwa nilai adalah bukti kualitas belajar sang anak, sehingga anak diwajibkan mengikuti bimbel untuk memperbaiki nilainya.

Padahal bimbel lebih berperan sebagai fasilitator dan motivator untuk anak agar lebih semangan belajar. Jika anak semangat belajar, maka nilai bagus pun akan mengikuti.

Saat ini terdapat banyak tempat bimbel yang kita pilih untuk sang buah hati. Ada bimbel yang hanya menawarkan bimbingan untuk beberapa mata pelajaran saja dan ada yang menawarkan semua mata pelajaran. Biayanya pun akan menyesuaikan dengan lamanya waktu bimbingan, privat atau tidak, dan juga lembaga yang mengadakan.

Jika bimbel dilakukan privat, maka tidak perlu heran jika kita harus membayar lebih mahal. Selain itu semakin bonafit tempat bimbel, biayanya pun juga akan semakin mahal. Oleh karena itu, berikut adalah tips memilih tempat bimbel yang terbaik:

Fasilitas Bimbel

Fasilitas bimbel yang lengkap dapat menunjang perkembangan belajar anak. Orang tua harus memperhatikan fasilitas yang dimiliki pihak bimbel seperti komputer, internet, ruang kelas yang nyaman, modul belajar, serta tentunya pengawasan pihak tempat bimbel terhadap siswa.

Perhatikan Kenyamanan Tempat

Hal yang tak kalah penting dalam memilih tempat bimbel anak adalah kenyamanan. Orang tua dapat mengajak anak berkeliling untuk melihat suasana tempat bimbel secara langsung. Dengan begitu, orang tua bisa mengetahui apakah anak merasa nyaman atau justru sebaliknya.

Baca juga:   Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri (APD) dan Fungsinya

Jarak Lokasi Bimbingan Belajar

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan oleh kita adalah jarak antara rumah dengan lokasi bimbingan belajar. Kita perlu pintar-pintar mencari tempat bimbel terdekat tetapi dengan kualitas yang baik.

Lokasi bimbel yang terlalu jauh dari rumah justru membuat anak menjadi cepat lelah sebelum mulai belajar. Bukannya konsentrasi, mood anak malah jelek dan kehilangan semangat.

Tenaga Pengajar yang Berkualitas dan Berpengalaman

Pilih tempat bimbel yang berkualitas pengajarnya. Walaupun hanya seorang pengajar bimbel, kualifikasi pendidikannya pun penting. Setidaknya pengajar bimbel sudah sarjana dan berpengalaman dalam mengajar siswa secara bimbel.

Hindari gengsi atau ikut-ikutan

Di Indonesia sendiri, ada banyak tempat bimbingan belajar yang mahal dan bagus pula. Namun, kembali lagi, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jangan cuma karena ingin dipandang “wah” oleh orang lain, kita memilih tempat bimbel termahal dan harus berutang untuk membayar biaya bimbel.

Ketahuilah, harga tinggi tidak selalu menjamin kualitas. Terkadang, popularitas suatu bimbingan belajar bisa melejit karena bagian marketing bagus dalam melakukan promosi, sehingga peminatnya banyak.

Lebih baik pilih bimbel yang harganya masuk akal, berkualitas juga, dan kalau bisa dekat dengan rumah agar lebih mudah dijangkau. Apalagi bimbel biasanya dilakukan pulang sekolah, jadi anak tidak capek di jalan.

Bandingkan benefit dari masing-masing tempat bimbel

Tips selanjutnya adalah bandingkan benefit dari masing-masing bimbingan belajar yang menurut kita bagus. Dengan kisaran biaya yang dibayar, fasilitas apa yang bisa didapat, dan seperti apa kualitasnya.

Jangan malas mencari referensi lain meskipun kita sudah naksir pada satu tempat. Siapa tahu masih ada tempat bimbel yang lebih bagus dengan kisaran harga yang serupa.

Baca juga:   Berpikir vs Menghapal

Sebaiknya kunjungi tempat bimbel sebelum memutuskan mendaftarkan anak di sana. Tujuannya untuk melihat situasi dan kondisi tempat bimbel, serta cara mengajar gurunya di dalam kelas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Dimana pun anak bimbel, balik lagi kepada pilihan masing-masing orang tua. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan anak agar bimbel tidak sia-sia. Tapi, justru membantu anak mendapatkan ilmu baru dan pemahaman lebih dalam mengenai materi yang dipelajarinya di sekolah.

 

Di mana pun kita memilih tempat bimbel, kita tidak perlu bingung. Karena akan sama saja. Pada dasarnya yang menentukan berhasil atau tidaknya tindakan memilih tempat bimbel yang kita lakukan ini adalah tergantung pada kesiapan dan keseriusan kita dalam belajar. Semoga tips memilih tempat bimbel diatas bermanfaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *