7 Tips Efektif dalam Belajar

7 Tips  Efektif dalam Belajar – Di masa-masa penuh ujian seperti ini, belajar rasanya jadi suatu “keharusan”. Kadang, tuntutan untuk belajar itu bukan hanya datang dari diri sendiri, tapi juga orang tua. Tidak jarang orang tua menuntut kita untuk terus menerus belajar. Setelah 8 jam seharian belajar di sekolah, sorenya masih harus ikut les tambahan, lalu, demi mengejar nilai bagus, malamnya masih harus begadang masukin materi-materi lain atau ngerjain PR dan Tugas.

Masalahnya, apakah cara belajar seperti itu efektif?

Jawabanya adalah tidak.

Seringkali, sebagai orang dengan label “pelajar”, kita seperti dipaksa untuk belajar terlalu keras. Belajar dengan bar-bar sampai lupa waktu. Di postingan kali ini bahkan sudah dijelaskan kalau secara saintifik, waktu belajar yang paling baik bukanlah malam hari.

Maka, untuk kamu yang masih punya kebiasaan seperti itu, beruntunglah membaca tulisan ini.

Kenyataannya, sebagai seorangpelajar, kita bukan cuma berkewajiban untuk belajar. Tapi, lebih dari itu, kita harus tahu caranya belajar dengan menyenangkan. Supaya materi-materi yang masuk, benar-benar dipahami secara konsep.

Berikut: 7 Tips Efektif dalam Belajar

Bangun lebih pagi.

Tujuanya agar persiapan diri memulai hari lebih semangat dan efektif. Dan juga menyiapkan dan membiasakan diri pada pola hidup yang sehat. Karena belajar bukan hanya masalah materi tapi kesiapan tubuh untuk belajar.

Tulis rencana atau to do list target belajarmu.

List ini dibuat harian, mingguan atau bulanan. Hal tersebut agar kamu tahu apa yang harus di capai dalam jangka waktu tertentu dan juga membiasakan diri bersikap disiplin terhadap target yang di tetapkan oleh diri sendiri

Baca juga:   Lirik Lagu yang Biasa Dinyanyikan Ketika OSPEK Mahasiswa Baru

Cari waktu belajar yang paling sesuai denganmu.

Entah itu siang hari, sore hari atau malam. Usahakan kamu memaksimalkannya dengan baik dan konsisten waktu tersebut.

Hindari hal yang dapat mengalihkan perhatian saat belajar.

Usahakan kita belajar pada suasana yang kondusif yang tenang. Jauhkan gadget sambil belajar, seperti yang sudah-sudah gadget akan mengalihkan konsentrasi belajar.

Jangan sering menunda pekerjaan.

Jika kamu memiliki target menyelesaikan materi dalam 2 jam, maka selesaikan segera sesuai target. Jangan sering menunda-nunda waktu dan juga di siplinkan diri dengan target yang di buat sebelumnya.

Periksa dan evaluasi hasil belajarmu.

Setelah selesai belajar, lakukan evaluasi belajar secara mandiri. Apakah hasil sudah sesuai harapan atau melebihi harapan atau malah tidak sesuai harapan.

Selalu berlatih mengerjakan soal dengan penuh semangat.

Kamu bisa latihan banyak soal untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai materi. Semakin sering berlatih, akan semakin terbiasa menghadapi soal-soal yang ada dan semakin percaya diri dalam menyelesaikan soal-soal ujian nantinya.

***

Sekiaan tulisan kali ini, dengan judul “7 Tips Efektif dalam Belajar” semoga bermanfaat. Cek tulisan lainya di sini….

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *