6 Kebiasaan Kecil yang Harus Mulai di Terapkan untuk Hidup Lebih Baik

Mahasiswa UT, 6 Kebiasaan Kecil yang Harus Mulai di Terapkan untuk Hidup Lebih Baik – Setiap orang memiliki karakter dan pola hidup yang beragam saat beraktivitas sehari-hari. Ada yang aktif dan memiliki jadwal yang padat, namun ada yang pasif yang tidak terlalu banyak melakukan ativitas sama sekali. Memang kita perlu mengistirahatkan bada, tapi jika berlebihan bisa berdampak buruk bagi kehidupanmu.

6 Kebiasaan Kecil yang Harus Mulai di Terapkan untuk Hidup Lebih Baik

Banyak orang yang awalnya istirahat sebentar, namun keterusan. Nah, kalau ini dijadikan kebiasaan, bisa membuat kita menjadi tidak produktif. Oleh karena itu, agar kamu bisa kembali ke pola hidup yang baik, berikut enam kebiasaan kecil yang dapat mengubah hidupmu.

1. Bangun pagi

Banyak orang yang meremehkan pentingnya bangun pagi. Padahal, banyak manfaat yang bisa kita ambil, mulai bangun lebih awal, dapat menyiapkan segala hal dengan waktu lebih panjang, dan kita dapat menghirup udara yang masih segar tanpa polusi.

Di sisi lain, bangun pagi dapat membuatmu menjadi lebih produktif dan semangat. Sebab, kamu memiliki waktu tidur yang cukup, sehingga dapat memulai hari lebih awal.

2. Rutin berolahraga

Seperti yang kita tahu, olahraga memberi dampak positif bagi tubuh, pikiran, dan perasaan. Badan terasa bugar dan pikiran pun akan rileks. Memulai aktivitas pagi hari dengan berolahraga juga membuat tubuh lebih sehat dan membantu menaikkan sistem imun.

Tentu saja tidak harus melakukannya setiap hari karena kita bisa menyesuaikan jadwal olahraga dengan aktivitas-aktivitas kita yang lain. Kamu hanya perlu memulainya dengan gerakan pemanasan ringan. Lakukan perlahan dan bertahap saja, ya.

Baca juga:   Tes Minat dan Bakat Online Gratis agar Kamu Enggak Salah Pilih Jurusan Kuliah

3. Perbanyak bersyukur

Setiap bangun, tandanya Tuhan masih sayang dengan kita, sehingga diberikan nikmat istirahat dan tubuh yang sehat untuk memulai hari. Dengan itu, kamu senantiasa bersyukur dengan segala yang dimiliki sekaligus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Oleh karena, itu dengan adanya rasa syukur akan menumbuhkan sifat ikhlas dan juga memberikan afirmasi positif dalam diri. Dengan begitu, kamu bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh Tuhan pada kita.

4. Konsisten belajar

Memiliki ilmu pengetahuan yang luas adalah cerminan pribadi yang sadar akan pentingnya membangun kualitas diri. Menjaga konsistensi belajar juga salah satu hal yang terkadang sangat sulit dilakukan mengingat aktivitas harian yang sudah padat.

Tanpa disadari, menyempatkan waktu untuk sekadar membaca buku lima lembar sebelum tidur akan berdampak besar pada peningkatan kapasitas diri kita, lho. Hal ini patut untuk kamu coba lakukan.

Semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita kuasai, maka menjadikan hidup lebih baik. Kamu dapat bersosialisasi dan beradaptasi pada berbagai lingkungan dengan mudah dan pastinya punya value tersendiri.

5. Membuat karya

Salah satu wujud nyata jika kamu ingin mengubah kebiasaan menjadi produktif adalah dengan membuat karya. Nantinya kamu bisa menjadi lebih kreatif dan melatih otak.
Membuat sebuah karya senantiasa membuatmu berpikir aktif dengan memanfaatkan skill yang kamu punya. Gak perlu yang terlalu besar, kamu bisa membuat karya dari hal kecil terlebih dahulu, kok.

6. Sering introspeksi diri

Setelah seharian berkecimpung penuh dengan rutinitas yang padat, sempatkan pada diri untuk mengintrospeksi segala hal yang kita lakukan sehari penuh. Hal ini berguna untuk menjadikanmu manusia yang lebih baik ke depannya.
Puji diri sendiri apabila berhasil mencapai tujuan pada hari tersebut. Koreksi semua kegagalan untuk dijadikan evaluasi agar ke depannya bisa meminimalisir kegagalan dan menjalani hari dengan lebih baik lagi.

Baca juga:   Saat Kamu Miskin dan Jatuh

***

Setelah membaca tips kebiasaan baru tadi ternyata berusaha mengubah diri menjadi lebih baik tidaklah sulit, bukan? Terus perbaiki diri setiap hari, jika lelah evaluasi, jangan berhenti jadikan kebiasaan produktif sebagai sarana dan wujud dalam menyayangi diri sendiri.

Sumber: IDN Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *