5 Tips agar Anak Tidak Merasa Kesepian saat Orang Tua Bekerja

Mahasiswa UT, 5 Tips agar Anak Tidak Merasa Kesepian saat Orang Tua Bekerja – Hampir semua hal dalam hidup ini berhubungan dengan uang, apalagi kalau memiliki anak yang mana merupakan kewajibanmu untuk memenuhi semua kebutuhannya hingga dewasa. Tapi sepenting-pentingnya bekerja untuk mencari uang, menjaga perasaan anak untuk tidak kesepian juga penting.

Karena kasihan kalau anak malah merasa dirinya sendirian dan terabaikan karena dirimu terlalu disibukkan dengan pekerjaan. Maka dari itu untuk menghindarinya, berikut ini adalah beberapa caranya supaya anak tidak kesepian ketika dirimu sibuk bekerja.

 

Izinkan dia bermain di rumah temannya yang kamu percaya

Caranya yang pertama supaya anakmu tidak kesepian ketika dirimu sibuk bekerja ialah dengan mengizinkannya bermain di rumah temannya. Entah itu teman yang ia kenal di sekolah, teman di lingkungan rumah alias tetangga, atau bahkan anak seseorang yang kamu kenal.

Tapi ingat ya, kamu hanya boleh melakukan ini jika teman bermainnya itu bisa kamu percayai. Dengan kata lain keluarganya memperlakukan dan menjaga anakmu dengan baik ketika dia bermain di rumah mereka.

 

Peliharalah hewan di rumah untuk menjadi temannya selama kamu tidak ada

Caranya yang kedua supaya anakmu tidak kesepian ialah dengan memelihara hewan peliharaan. Entah itu anjing, kucing, atau bahkan kelinci, pokoknya yang bisa menjadi temannya ketika dirimu tidak ada di rumah.

Baca juga:   Cara Merawat Kacamata K-Ion Nano: Kacamata Terapi untuk Kesehatan Mata

Selain agar dirinya tidak kesepian, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa dilatih supaya pintar menjaga anakmu. Tapi meskipun cara ini cukup baik, sebaiknya jangan terlalu sering meninggalkan anak bersama hewan peliharaan saja karena lama-kelamaan bisa membuatnya kesepian juga.

 

Akan lebih baik jika kamu bekerja dari rumah supaya bisa sambil menemaninya

Jika rasanya terlalu riskan jika membiarkan anak bermain dengan temannya atau meninggalkannya bersama hewan peliharaan, akan lebih baik jika kamu bekerja dari rumah. Dengan kata lain carilah pekerjaan yang memberi kebebasan tempat kerja, jadi kamu bisa sambil menemani anak ketika bekerja.

Hal ini sangat disarankan bagi kamu yang mungkin single parent, karena tidak ada pasangan yang bisa jadi partner menjaga anak dan harus mengurus semuanya sendirian. Dengan begitu kewajiban nafkah dan merawat anak dengan baik tetap terpenuhi.

 

Pastikan untuk menelepon atau mengiriminya pesan di sela-sela kesibukanmu

Jika anakmu sudah berusia cukup untuk memegang ponsel, maka sering-sering lah menelepon atau menghubunginya di sela kesibukanmu. Cara ini bisa meredakan rasa kesepian anak karena meskipun kamu sedang bekerja, ia tidak merasa terabaikan.

Keuntungannya, cara ini membantumu memonitor kegiatan dan kondisi anak ketika tidak bersamamu. Di sisi lain anak pun jadi merasa tetap dijaga dari kejauhan oleh orangtuanya dengan aktif dihubungi terus meskipun sibuk bekerja.

 

Dukung dan beri fasilitas lengkap untuknya menekuni hobi di rumah

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan supaya anak tidak kesepian saat dirimu sibuk bekerja ialah, dukunglah secara penuh hobi dan bakatnya dengan memberikan fasilitas. Misalnya jika dia menyukai musik mala belikanlah alat musik untuknya bisa berlatih di rumah selama kamu sibuk bekerja.

Baca juga:   5 Kebiasaan di Media Sosial yang Harus di Hentikan

Hal ini bisa mengalihkannya dari rasa kesepian karena dia sibuk menekuni hal yang ia suka dan mempelajari banyak hal baru. Di sisi lain ia pun dapat mengembangkan diri sesuai dengan minatnya.

***

Intinya, meskipun bekerja mencari uang itu penting, memastikan Anak Tidak Merasa Kesepian saat Orang Tua Bekerja juga tak kalah penting. Jadi cobalah lima cara tadi supaya dia tidak merasa kesepian dan sendirian, ya.

Sumber: IDN Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *