10 Istilah Geografi dan Geologi yang Sering Salah Tulis

Mahasiswa UT, 10 Istilah Geografi dan Geologi yang Sering Salah Tulis – Laman resmi KBBI Daring terbagi atas lima kategori, yaitu bahasa, bidang, kelas kata, ragam, dan jenis. Bidang dalam KBBI lebih luas lagi pembagiannya, dari administrasi dan kepegawaian hingga bidang zoologi.

Salah satu bidang yang menarik untuk diketahui lebih lanjut adalah mengenai geografi dan geologi. Walaupun bukan termasuk yang biasa digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa Istilah Geografi dan Geologi yang kerap keliru penulisannya, lho. Apa saja?

Antarktika

Ejaan yang tepat untuk benua yang mengelilingi Kutub Selatan adalah “Antarktika”, bukan “Antartika”. Perhatikan, terdiri atas sepuluh huruf!

 

Arktika

Daerah di sekitar Kutub Utara yang mencakup Laut Arktik dan daratan pada garis 70 derajat lintang utara merupakan pengertian “Arktika”, bukan “Artik”

 

Breksia

Menurut KBBI, batuan yang terdiri atas komponen yang bersudut dan pekat menjadi satu adalah definisi “breksia”, bukan “breksi”

 

Gravitasi

Penulisan yang baku adalah “gravitasi”, bukan “grafitasi”. Meski pengucapannya tetap sama, huruf “v” dan “f” jangan sampai tertukar, lho

 

Jura

Zaman kedua dalam masa Mesozoikum (antara 180 dan 185 juta tahun yang lalu) seharusnya kita sebut dengan “jura”, bukan “jurah”

 

Kerakal

Endapan batuan bulat dengan garis tengah antara 10–15 milimeter merupakan pengertian dari kata “kerakal”, bukan “krakal”

 

Lempeng

Sedangkan bagian kulit bumi yang hampir tegar, tapi masih dapat bergerak merupakan definisi “lempeng”, bukan “lempang”

 

Napal

Penulisan yang tepat untuk batuan yang terdiri atas lempung dan kalium-karbonat adalah “napal”, ya. Cermati, bukan “nampal”, lho

Baca juga:   8 Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

 

Remah

Konsistensi tanah yang bersifat mudah pecah merupakan pengertian dari kata “remah”, bukan “rimah”. Sudah tahu?

 

Retas

Terakhir ada “retas”, tubuh batuan beku yang menerobos dengan memotong batuan lain. Bukan “ratas”, lho

***

Di antara kesepuluh Istilah Geografi dan Geologi di atas, adakah yang sudah kamu tulis dengan ejaan tepat sesuai KBBI? Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, ya!

Sumber: IDN Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *